BALAIKOTA – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jajaran Pemkot Salatiga diminta untuk menyingkronkan program kerja terkait PKK sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan kewenangan OPD tersebut. OPD juga diminta untuk selalu melibatkan PKK dalam setiap pelaksanaan program tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di hadapan Kepala OPD terkait dan sekitar 200 anggota TP PKK dari tingkat kota sampai tingkat RW dalam Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Kota Salatiga di Gedung Setda Kota Salatiga, Rabu 31/10.

“Seluruh OPD di Pemkot Salatiga saya minta untuk dapat menyingkronkan program kerja dan libatkan PKK dalam setiap pelaksanaan program tersebut,” harap Walikota.

Walikota mengatakan bahwa selama ini PKK Kota Salatiga sebagai mitra dari pemerintah telah menjalin kerjasama yang baik dengan OPD, kecamatan dan juga kelurahan. Secara langsung atau tidak langsung, PKK juga berperan dalam berbagai pencapaian Kota Salatiga utamanya dalam membangun masyarakat melalui 10 program pokok PKK.

Walikota menjelaskan bahwa rendahnya angka kemiskinan yang berada di angka 5%, dan tingginya indeks pembangunan manusia (IPM) yang mencapai 81 juga merupakan capaian Kota Salatiga yang didukung juga oleh PKK.

“Sedangkan berbagai penghargaan seperti Kota Toleran, Adipura, Penghargaan inovasi dan Opini WTP yang baru saja kita dapatkan ini bukanlah tujuan, tapi merupakan bonus dari kerja keras kita semua,” ujar Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Salatiga, Ny. Titik Kirnaningsih Yuliyanto. Ia menyampaikan apresiasi kepada OPD di Pemkot Salatiga yang telah mendukung program PKK.

“Harapan kami, dukungan Pemkot Salatiga untuk dapat ditingkatkan dengan memberikan fasilitas yang memadai, sehingga PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat berperan seiring sejalan demi terwujudnya masyarakat Salatiga yang Sejahtera, Mandiri dan bermartabat,” pinta Ketua TP PKK Kota Salatiga ini.

Dalam kegiatan tersebut diumumkan pula pemenang lomba pelaksana terbaik 10 program pokok PKK yaitu RW 6 Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo, dan Lomba Halaman Asri, teratur, indah dan nyaman yaitu Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ny. Ida Farida Haris dan Ny. Umi Fakruroji. (sg)