SALATIGA – Ibu-ibu kader PKK diminta untuk selalu cerewet dalam kebaikan. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di hadapan 1.400 ibu-ibu PKK dalam acara Temu Kader PKK se-Kota Salatiga Tahun 2017 di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Kamis 30/11.

“Ibu-ibu PKK ini harus selalu cerewet. Kalau lingkungannya kotor, harus dicereweti supaya bisa bersih. Kalau ada anak yang malas sekolah, harus dicereweti supaya mau bersekolah. Kalau ada yang buang sampah sembarangan, pun harus dicereweti. Cerewet ini adalah untuk mengingatkan dalam kebaikan lho, bukan cerewet dalam arti negatif,” ujar Walikota diikuti tawa ibu-ibu PKK.

Walikota juga berterimakasih kepada ibu-ibu kader PKK karena telah berperan membantu dan mendukung program-program pemerintah daerah. “Tentu saja ibu-ibu ini adalah tokoh sentral di tiap keluarga, karenanya ibu-ibu tentu berperan penting dalam mendukung program-program pemerintah seperti program menurunkan angka kemiskinan, kebersihan lingkungan sampai meningkatkan indeks pembangunan manusia,” kata Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Salatiga, Wahyu Risnani dalam laporan panitia kegiatan. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain sebagai silaturahmi kader PKK dengan pemerintah juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program pemerintahan.

“Peserta temu kader ini berjumlah 1.400 orang yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kecamatan, PKK Kelurahan, PKK RW serta PKK RT. Karena keterbatasan tempat, kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi. Pertama untuk Kecamatan Tingkir dan Sidomukti dan yang ke dua untuk Kecamatan Sidorejo dan Argomulyo,” jelas Wahyu Risnani.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula kain batik yang akan dipergunakan sebagai seragam Kader PKK se-Kota Salatiga. (sg)