Walikota Salatiga Yuliyanto meminta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Salatiga juga memperhatikan pelaku UMKM diluar binaan dinas. Demikian pesannya saat membuka Festival UMKM Kota Salatiga taHUN 2017 di lapangan Pancasila, 18/11.

Didampingi wakil walikota Muh Haris dan Forkopinda, walikota berkenan membuka festival dan dilanjutkan dengan menyambangi stand UMKM. FEstival selama dua hari 18-19 November tersebut dirrangkai juga dengan pemberian kupon berhadiah setiap pembelian produk dengan kelipatan sepuluh ribu rupiah. PEmbagian kupon dilaksanakan mulai 1 September 2017 hingga 20 NOvember 2017, dan selama periode tersebu terbagi 20.000 kupon belanja.

Sugeng Wahyono Ketua Panitia menjelaskan bahwa Festival UMKM Salatiga Tahun 2017 ini dimaksudkan untuk memfasilitasi media promosi dan pemasaran produk-produk pelaku UMKM secara langsung kepada khalayak ramai. “Selain itu juga guna menjalin silaturrahmi pelaku usaha mikro kecil Kota Salatiga dalam suatu forum festival. Yang tidak kalah penting yaitu untuk meningkatkan omset penjualan produk UMKM dam memperluas pasar,” terangnya.

Adapun hadiah undian kupon antara lain; TV berwarna 24′, kulkas, kompor gas, dispenser, kipas angin masing-masing enam unit. Festival tersebut diorganisasikan oleh grup media sosial KUliner Salatiga yang beranggotakan 70 ribu member dan terdapat 500 vendor di dalamnya.

 Yuliyanto dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada DinkopUMKM yang telah melaksanakan kegiatan. “Kegiatan ini sangat strategis karena  menjadi media promosi produk UMKM dan media silaturahim antar UMKM. Untuk pelaksanaan tahun depan agar memperluas peserta UMKM, tidak hanya UMKM yang sudah menjadi binaan dinas saja,tapi UMKM lain yang jumlahnya sangat banyak dan belum terakses kegiatan seperti ini harus digandeng,” pinta YUliyanto.

“Saya berpesan kepada para pelaku UMKM untuk gigih dalam berusaha, terus meningkatkan kemampuan agar lebih mandiri dan sukses. Selanjutnya bisa menjadi UMKM yang maju dan terkenal, seperti Singkong Keju D9 yang sudah terkenal sampai dunia lain,” pesan Walikota diselingi canda.