BALAIKOTA – Sebanyak 75 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga dilepas oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR dan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pelepasan yang disaksikan oleh Anggota Forkopinda tersebut dirangkai dalam apel luar biasa di Halaman Pemkot Salatiga, Senin 17/07.

Ketua Pengurus PMI Kota Salatiga, Muh Haris menjelaskan bahwa kontingen tersebut akan mengikuti jumbara yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kab Pati Sabtu 22/07 sampai dengan Kamis 27/07.

“Jumbara merupakan ajang untuk saling berjumpa, berbakti dan bergembira bersama PMR (Palang Merah Remaja) dan juga  berkarya bersama KSR (Korps Sukarela) se-Jawa Tengah. Jumbara juga merupakan sarana untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat pengembangan kapasitas generasi muda di masing-masing PMI Kabupaten/Kota,” urai Muh Haris.

Sementara itu, Walikota mengingatkan seluruh anggota peserta untuk menjaga nama baik Kota Salatiga dan selalu menjaga kekompakan serta kebersamaan. “Ajang ini jangan dijadikan sebagai kompetisi saja, tapi juga sebagai ajang untuk bersilaturahmi dengan kontingen dari 34 kab/kota lainnya. Kembangkan relasi dengan rekan yang berbeda kontingen, karena hal tersebut akan mendorong kita untuk berkembang menjadi lebih baik,” harap Yuliyanto.

Kontingen PMI Kota Salatiga tersebut terdiri dari PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Pembina PMR, KSR, TSR (Tenaga Suka Rela), Pendonor Darah Sukarela (DDS), Tim Pendukung dan Pengurus PMI. Kontingen tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan meliputi travelling kepalangmerahan, cerdas tangkas, kreasi remaja, pemanfaatan limbah lingkungan, penyuluhan kebesihan dan kesehatan, kesiapsiagaan bencana, bakti sosial, outbond, duta PMR, jurnalistik dan life skills.