Untuk pertama kalinya, Walikota Salatiga, Yuliyanto melantik PNS dalam Jabatan Fungsional Pranata Komputer dan Arsiparis di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji tersebut dilangsungkan di Aula Kaloka BKDiklatda Kota Salatiga, Kamis (12/10).

Berdasarkan surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor 821/7943/OTDA, yang menyatakan bahwa jumlah PNS yang disetujui untuk dapat dilantik dalam Jabatan Fungsional Pranata Komputer sebanyak 64 PNS yang terdiri dari 2 orang Pranata Komputer Muda, 10 orang Pranata Komputer Pertama, 5 orang Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan, dan 47 orang Pranata Komputer Pelaksana. Sedangkan jabatan fungsional Arsiparis yang dilantik hanya satu PNS yakni Arsiparis Pelaksana.

Walikota Salatiga dalam sambutannya berpesan kepada segenap PNS yang dilantik dalam Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) untuk senantiasa menjaga amanah dan selalu melakukan inovasi. “Jabatan adalah amanah. Bekerjalah dengan giat, berikan pelayanan yang terbaik dan ciptakan inovasi tiada henti”, lanjut Yuliyanto.

Selain itu, berkaitan dengan konsekuensi JFT yang harus mengumpulkan angka kredit untuk dapat naik ke level yang lebih tinggi, Walikota berpesan agar hal itu tidak dijadikan beban para JFT. “Jangan jadikan angka kredit sebagai beban, tetapi jadikan sebagai reward, atas pekerjaan yang telah kalian kerjakan,” terang Yuliyanto.

Yuliyanto juga mengimbau kepada seluruh kepala OPD untuk memberikan dukungan kepada para PNS yang berada pada tahap awal pengembangan karir JFT tersebut agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Terutama Kepala BKDiklatda untuk senantiasa menjalin koordinasi dengan baik dengan BKDiklatda kabupaten/kota lain, Provinsi, maupun Pemerintah Pusat terkait dengan Jabatan Fungsional Pranata Komputer, Arsiparis maupun JFT lainnya.

Prosesi pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat oleh Walikota dengan berjabat tangan kepada segenap PNS yang dilantik. Diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Kota Salatiga yang berkesempatan hadir.