SALATIGA – Walikota Salatiga, Yuliyanto menjamin dana nasabah Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Bank Salatiga dalam kondisi aman. Hal tersebut ditegaskan Walikota di hadapan nasabah bank milik Pemkot Salatiga tersebut saat beraudiensi di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Kamis 27/09.

“Nasabah BPR Bank Salatiga tidak perlu panik karena Anda semua dipastikan aman. Simpanan tersebut telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Kami juga berkomitmen untuk terus mengupayakan solusi dan mengatasi permasalahan yang ada di Bank Salatiga. Nasabah juga tidak perlu khawatir dengan proses hukum yang sedang berjalan karena pelayanan di Bank Salatiga tetap berjalan seperti biasa,” ujar Walikota.

Ia menjelaskan bahwa Pemkot Salatiga telah membentuk Tim Penyehatan dan Penyertaan Modal yang terdiri dari akademisi, ahli perbankan dan juga praktisi untuk memberikan pendampingan dan asistensi terhadap tahap-tahap yang telah disarankan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Upaya inipun mendapat dukungan penuh dari Forum Eks PD BPR Bank Pasar se-Jateng dan DIY.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekreatris Daerah Kota Salatiga Fakruroji. Ia mengatakan bahwa eksistensi Bank Salatiga juga menjadi tanggungjawab dari Pemkot Salatiga. “Upaya penyertaan modal juga akan dilaksanakan sesuai amanat Perda sebagai upaya mengatasi permasalahan di Bank Salatiga. OJK juga telah memberikan beberapa rekomendasi, salah satunya adalah pertemuan ini yang bertujuan membangun opini positif dari nasabah,” urai Fakruroji.

Selain para nasabah Bank Salatiga, hadir juga Dewan Pengawas PD BPR Bank Salatiga Sri Wityowati, Rohadi, Kabag Perkonomian Setda Rahadi Widya Prasetya dan Plh Direktur Bank Salatiga, Asih Setiyaningsih. (sg)