Walikota Salatiga Yuliyanto mendukung wilayah Kelurahan Tingkir Lor dan Tingkir Tengah sebagai kawasan sentra industri kecil menengah (IKM) konveksi. Demikian lontarnya saat meresmikan Tugu Sentra Industri Kecil dan Menengah Konveksi Kecamatan Tingkir berupa patung wanita menjahit di halaman Kelurahan Tingkir Tengah, 22/7.

Turut mendampingi walikota dalam peresmian Ketua Tim Penggerak PKK Titik Kirnaningsih Yuliyanto, Fakruroji Sekda beserta ibu, forkopimda, kepala OPD terkait, Asisten I Gati Setiti, Asisten II Daryadi, Asisten III Y Tri Priyo N, Camat Tingkir Nunuk Dartini, dan lurah se-Kecamatan Tingkir.

Dalam sambutannya walikota berharap dinas Kopereasi dan UKM, serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja terus mendorong dan mendampingi para pelaku UMKM di Salatiga. “Saya juga mengimbau kepada Dinas Kominfo untuk membantu para pelakuk UMKM dalam hala pemasaran secara online. Peresmian tugu wanita menjahit sekarang ini juga merupakan komitmen kita dalam menurunkan angka kemiskinan, dan mengurangi angka pengangguran. Dengan dicanangkannya Kecamatan Tingkir sebagai sentra konveksi ini tentunya akan mendorang warga untuk membuka usaha sendiri,” sambut Yuliyanto.

“Ke depan kalau ingin membuat prasasti atau bangunan penanda wilayah tolong buat yang mendukung perkembangan zaman. Dulu patung dikagumi karena tinggi atau besar karena hanya sebagai pemandangan, namun sekarang sudah berubah prasasti atau penanda harus yang bisa dibuat untuk photo selfi, oleh karenanya desain dan ukuran harus disesuaikan,” himbau walikota.

Usai menandatangani prasasti tugu sentra industri walikota ¬†didampingi ibu berkenan melakukan demo menjahit. “Saya jahit bisa bu, dulu saya kecil sering menjahit celana sobek sendiri,” tuturnya kepada salah seorang pengusaha konveksi yang membuka stan pameran.