Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Salatiga dibawah binaan FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion) kini miliki sekretariat. Tempat konsultasi dan media promosi produk Salatiga tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Yuliyanto, di stand komplek Selasar Kartini, 28/7.
Hadir dan mendampingi walikota Pj Sekda Kota Salatiga Sri Wityowati dan Kepala Bapelitbangda Tedjo Suprianto.
Kepala Bapelitbangda Tedjo Suprianto, sebagai OPD yang membina Fedep menjelaskan bahwa pembukaan sekretariat tersebut bertujuan memberikan tempat untuk sarana sekretariat. “Tempat ini menjadi milik warga Salatiga untuk berkonsultasi masalah usaha kecil. Selain itu juga menjadi media promosi, karena UMKM diberikan kesempatan menitipkan media promosi produknya. Para pelaku UMKM bisa menaruh packaging, banner, leaflet dan sarana lain untuk mengenalkan produknya,” terang Tedjo saat menyampaikan laporan.
“FEDEP Kota Salatiga sekarang ini memiliki 8 klsuter yang terkelompok dalam; klaster makanan olahan, klaster batik dan bordir, klaster olahan ikan, klaster kelinci, klaster pupuk, klaster kerajinan, klaster susu, dan klaster sapi,” tambah Tedjo.
Sementara itu Yuliyanto berharap agar warga Salatiga memanfaatkan sarana tersebut. “Kita harus pandai-pandai menjual produk kita semua. Bapak-ibu semua harus terus berinovasi mulai dari kemasan hingga sistem promosi. Semoga dengan dibukanya sekretariat Pusat Informasi dan Promosi UMKM ini mambu memajukan iklim usaha di Kota Salatiga,” ungkap Yuliyanto.