SALATIGA – Sebanyak 39 mahasiswi Akademi Kebidanan Ar-Rum Salatiga mengikuti upacara pemasangan kap profesi (capping day) dan ucap janji mahasiswa Angkatan XII. Pemasangan kap yang dilaksanakan secara simbolis oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM ini dilaksanakan di Aula Akbid Ar-Rum Salatiga, Kamis 28/02/2019.

Dalam sambutannya Walikota berpesan agar mahasiswa calon bidan ini tidak hanya bersungguh-sungguh dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, tapi juga mengedepankan sikap humanis serta tulus dalam mengabdi.

“Capping day ini merupakan pintu masuk kawah candradimuka. Dengan praktik di dunia nyata akan menambah pengatahuan dan keterampilan Anda semua. Namun yang tidak kalah penting adalah sikap humanis yang harus selalu dijaga. Karena yang Anda hadapi nantinya adalah wajah-wajah cemas yang menanti anggota keluarga baru,” pesan Walikota.

Walikota juga mengatakan kepada peserta untuk selalu bersemangat dalam menimba ilmu. “Tenaga kesehatan termasuk bidan ini adalah profesi kemanusiaan. Dan sampai sekarang masih menjadi primadona dalam kebutuhan pegawai pemerintah daerah ataupun instansi lain. Oleh karena itu, saya berpesan agar Anda semua senantiasa bersemangat dalam menimba ilmu, semoga lancar dan sukses,” kata Walikota.

Dengan pemasangan kap profesi tersebut, ke-39 mahasiswi yang telah menempuh studi keperawatan semester I, telah dinyatakan siap praktek lapangan ke Rumah Sakit dan instalasi kesehatan lainnya. Sebelum pemasangan kap profesi ini, para mahasiswi menyimak pembacaan sejarah singkat tokoh keperawatan dunia Florence Nightingale.(sg)