Salatiga, Walikota Salatiga Yuliyanto berharap Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Salatiga turut aktif dalam menjaga kerukunan masyarakat Kota Salatiga. Demikian pesan walikota saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus HMI dan KOHATI periode 2017-2018, di Aula Kaloka Gedung Setda Pemerintah Kota Salatiga 29/8.

” Sebagai organisasi yang independen, HMI memiliki peran keumatan dan kemasyarakatan yang dalam arti setiap langkah dan kebijakan HMI bersifat dan berdasarkan kepentingan orang banyak/masyarakat. Oleh karenanya sangat tepat isu ini dibahas dalam seminar yang mengambil tema “Kontekstualisasi Peran HMI: Ikhtiar Perjuangan HMI dalam Mengawal Pemberdayaan Umat”. Harapan saya, melalui seminar ini HMI dengan kepengurusan yang baru akan semakin dapat meningkatkan perannya dalam membela kepentingan masyarakat khususnya Kota Salatiga,”sambut Yuliyanto.

Pelantikan yang berlangsung lancar dan khidmad tersebut dihadiri Ketua DPRD RI tahun 1999-2004, Dr. Ir. Akbar Tanjung, Walikota beserta wakil, anggota Forkopinda, kepala OPD Pemkot Salatiga,  KAHMI, dan pengurus organisasi kemahasiswaa se-Kota Salatiga.

Usai dilantik oleh Hary Azwar Ketua Bidang Pengembangan Aparatur Organisasi Penguru Besar (PB) HMI, Ketua HMI Cabang Salatiga Dodi Usman Tomagola dan Ketua KOHATI Shofi Murobitoh, mendapatkan ucapan selamat dari tamu undangan. Dodi, yang merupakan mahasiswa Universitas Kristen Satyawacana (UKSW) Salatiga berkomitmen akan turut mengawal dan mengkritisi proses pembangunan Kota Salatiga.

Usai acara pelantikan dilanjutkan seminar nasional bertemakan “Kontekstualisasi Peran HMI; Peneguhan Kembali Ikhtiar Perjuangan HMI dalam Rangka Mengawal Kemaslahatan Umat dan Bangsa,”. Pemateri dalam seminar tersebut adalah Dr. Ir, Akbar Tanjung yang dipanel dengan Wakil Walikota Muh Haris.