Walikota Salatiga Yuliyanto berharap bantuan bagi RW atau program Gugur Gunung Nyengkuyung Mbangun Rukun Warga (GUYUB RW) bisa dilaksanakan di tahun perubahan 2018. Demikian harap walikota saat membuka sosialisasi program di Ruang Kaloka Setda, 14/12.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Tatik Rusmiati melaporkan maksud dari program Guyub RW adalah meningkatkan peran serta masyarakat secara langsung. “Peran tersebut dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, bahkan pertanggungjawaban pengoperasionalan pembangunan yang ada di lingkungannya. Dengan demikian warga akan merasa memiliki hasil pembangunan yang telah dilaksanakan,” terangnya.

Tati Rusmiati menambahkan peserta sosialisasi program Guyub RW ini adalah perwakilan OPD, Camat dan Lurah. “Adapun narasumber berasal dari Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bapelitbangda, BKD, Inspektorat, Binas PUPR dan Bagian Hukum,” tambahnya.

Sementara walikota menitik beratkan bahwa program tersebut filosofisnya adalah untuk membantu pembangunan di tingkat RW. “Ide saya untuk memberikan bantuan ke tingkat RW dan mengajak warga untuk berperan serta dalam menentukan prioritas pembangunan adalah mempercepat pembangunan serta menurunkan angka kemiskinan,” sampai Yuliyanto.

“Ketika saya kampanye, muncul permintaan bantuan secara pribadi dari masyarakat, oleh karenanya alangkah baiknya jika RW mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah di wilayahnya. Selama ini warga masih harus iuran jika akan membangun suatu program di wilayahnya, bahkan ada masyarakat yang mengecor jalan yang biayanya mahal harus iuran. Ini menggelitik hati saya untuk melakukan terobosan dengan program Guyub RW ini,” jelasnya.