SALATIGA – Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM mengajak Dewan Pimpinan Cabang (DPD) Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat (Forkommas) RI Provinsi Jawa Tengah untuk bersama-sama belajar merawat kebhinnekaan dan keberagaman di Kota Salatiga.

Ajakan ini disampaikan Walikota saat memberikan sambutan dalam Pelantikan DPD Forkommas RI Prov Jateng Periode 2019-2023 dan Seminar Kebangsaan Forkommas di Hotel Grand Wahid Salatiga, Jumat Sore 20/09.

Walikota menyampaikan selamat kepada Pengurus DPD Forkommas RI Provinsi Jawa Tengah masa bakti 2019-2023 dan berharap agar pengurus baru tersebut akan membawa organisasi menjadi lebih eksis, solid dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

“Jika Forkommas ingin melihat secara langsung bagaimana merawat kebhinnekaan dan keberagaman, tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau. Bapak Ibu bisa datang ke Kota Salatiga yang juga dikenal sebagai Indonesia Mini karena terdapat lebih dari 30 etnis yang hidup berdampingan dengan menjaga semangat kebersamaan. Mari kita bersama-sama belajar merawat kebhinnekaan dan keberagaman, seperti halnya keberagaman yang ada di Kota Salatiga ini,” kata Walikota.

Walikota mengatakan bahwa semangat merawat keberagaman tersebut juga dibuktikan dengan predikat Kota Salatiga sebagai Kota Tertoleran versi Setara Institute selama tiga tahun berturut-turut. “Hal tersebut tidak mungkin dicapai tanpa peran serta tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat keamanan serta masyarakat itu sendiri. Karena modal awal toleransi adalah memahami semua perbedaan dan semangat untuk merawat keberagaman tersebut,” ungkap Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh Plh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Drs. Suwondo, MSi. Ia menyampaikan bahwa masyarakat Jawa Tengah menantikan kontribusi dari organisasi ini terutama dalam media diskusi dan mencari solusi atas munculnya radikalisme dan intoleransi yang menjadi permasalahan bangsa.

Ketua Forkommas RI Jateng 2019-2023, Adi Siswanto, SPd menyebutkan bahwa organisasi yang telah berdiri sejak tahun 2013 ini merupakan organisasi lintas partai politik, suku, agama dan golongan. Dalam kesempatan tersebut bersama dengan tokoh-tokoh dari kota lain, Walikota Salatiga didaulat menjadi Dewan Penasehat Forkommas RI Jawa Tengah.(sg)