Jalannya program pembangunan pemerintah daerah ditentukan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk juga oleh peran PKK yang juga merupakan seorang ibu. PKK mempunyai kemampuan dalam sosialisasi kegiatan pembangunan pemerintah sampai di tingkat rumah tangga, komponen dasar dalam masyarakat. Karenanya, perangkat daerah diharapkan untuk terus melibatkan PKK dalam melaksanakan kegiatan.

Pesan tersebut disampaikan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM saat memberikan pengarahan kegiatan Singkronisasi Program PKK dengan Perangkat Daerah se-Kota Salatiga Tahun 2020 di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Selasa 25/02.

“PKK yang juga merupakan ibu-ibu ini perannya sangat luar biasa dalam menentukan jalannya program pembangunan pemerintah. PKK mempunyai kemampuan menyosialisasikan berbagai program kebijakan pemerintah, mulai dari tingkat kota, sampai tingkat RT, dasawisma bahkan sampai rumah tangga. Karenanya saya berharap agar PKK dilibatkan dalam kegiatan perangkat daerah,” ujar Wali Kota di hadapan kepala SKPD se-Kota Salatiga dan Pengurus TP PKK Kota Salatiga.

Wali Kota mengatakan bahwa 10 program pokok PKK dan prioritas pembangunan Kota Salatiga mempunyai tujuan akhir yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Salatiga. “Tanggungjawab yang diemban oleh PKK ini sama dengan pemerintah. Tujuannya pun sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun tanpa adanya singkronisasi dengan perangkat daerah, program PKK akan timpang,” kata Wali Kota.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Salatiga, Ny. Titik Kirnaningsih Yuliyanto. Ia menyampaikan apresiasi kepada perangkat daerah yang telah melibatkan PKK dalam kegiatan sehingga PKK dapat berkiprah di semua lini.

“Kegiatan apapun yang memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti jambaninsasi, sosialisasi pengurangan sampah plastik, senam bersama dan lain-lain akan didukung oleh PKK,” pungkas Ny. Titik Kirnaningsih.(sg)