SALATIGA – Organisasi Masyarakat (ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Salatiga diajak untuk berkolaborasi dan memberikan kontribusi dalam menjaga kondusifitas kota dengan mengedepankan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM dalam Audiensi Pembinaan Ormas dengan Wali Kota dan Forkopimda di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Jl. Diponegoro 1, Salatiga, Rabu 22/01/2020.

“Saya mengajak ormas dan LSM dan seluruh masyarakat Kota Salatiga untuk terus berkolaborasi dan menjaga kondusifitas kota kita. Jika ada permasalahan, mari kita komunikasikan bersama, bisa dengan dinas terkait, atau langsung kepada saya. Tidak perlu membuat kegaduhan, karena kegaduhan tidak akan membawa solusi yang baik,” ujar Yuliyanto.

Wali Kota mengatakan kegiatan audiensi ormas tersebut merupakan salah satu saluran komunikasi yang rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Salatiga. “Jika ormasnya saling bergandengan, tokoh agama dan masyarakat duduk berdampingan, Forkopimda juga kompak, pemerintah dan dewan juga bersinergi, InsyaAllah Kota Salatiga akan lebih maju,” harap Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menguraikan tentang arah kebijakan pembangunan Kota Salatiga tahun 2020 yang telah masuk dalam RPJMD 2017 – 2022 yaitu lebih fokus dalam penataan wajah kota. Jika dalam periode sebelumnya prioritas pembangunan adalah pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif atau juga sering disebut wasis (pintar), waras (sehat) dan wareg (sejahtera), maka pada periode ini ditambahi lagi dengan ‘w’ yaitu wajah kota.

“Huruf ‘w’ ke-4 adalah wajah kota, antara lain membangun ruang terbuka hijau, penataan pasar, pedestrian, LPJU, stadion mini, taman kota. Salah satu yang akan dilaksanakan tahun 2020 ini adalah penataan eks terminal Soka. Berkiatan dengan Ruang Terbuka Hijau, pemerintah akan membangun RTH di tiap kelurahan nantinya,” papar Wali Kota.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Forkopimda Kota Salatiga, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ormas.(sg)