Balaikota – Pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Salatiga harus dikawal bersama, agar pelaksanaannya bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, UKPBJ hadir untuk memenuhi hal tersebut.

“ Pengadaan barang dan jasa saya minta bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai peruntukannnya bagi masyarakat. Pelayanan pengadaan juga harus kita kawal bersama secara elektronik agar tepat sasaran,” Jelas Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM saat memberikan sambutan di acara sosialisasi arti pentingnya Unit kerja pengadaan barang dan jasa (UKPBJ) dalam proses pengadaan barang/jasa, di Ruang Kaloka, Gedung Setda lantai IV, Kamis (18/10). Menurutnya hadirnya sosialisasi ini diharapkan bisa membina dan memberikan informasi secara tepat dalam pengelolaan sistem informasi dalam pengadaaan barang/jasa.

“ UKPBJ yang tertuang dalam Perpres 16 Tahun 2018  merupakan unit permanen struktural dan mempunyai peran dalam pembinaan, pemilihan dan pengelolaan sistem informasi, ” Ucapnya.

Lanjutnya, UKPBJ juga bisa dijadikan pusat keunggulan center of excellence dalam pengadaan barang dan jasa yang salah satu outputnya berupa pengadaaan yang menjadi profit center. Dalam hal ini,  bahwa ketika  pemerintah membelanjakan uang maka ada tiga capaian yakni belanja negara yang efisien, tepat sasaran, dan sesuai dengan perencanaan sehingga akan mewujudkan  daya saing secara nasional  dan penyalurannya ke masyarakat dapat tercipta.

“ UKPBJ saat ini merupakan unit profit center sebagai wadah dalam pengadaan barang/jasa yang ada,” Beber  Yuliyanto.

Dirinya menambahkan  bahwa untuk memperlancar pelaksanaan pengadaan tersebut, pemerintah juga telah menggandeng aparat penegak hukum, baik dari kejaksaaan maupun pihak kepolisian khususnya terkait dengan persamaan presepsi dalam pengadaaan barang dan jasa tersebut.

“ Dengan adanya koordinasi ini,  pemahaman dan presepsi akan pengadaan barang/ jasa bisa tercapai melalui perencanaan dan eksekusi anggaran dalam pengelolaannya yang tepat guna,” Pungkasnya

Sementara itu, Robin As’ad Suryo, Ph.d selaku deputi bidang pengembangan dan pembinaan SDM LKPP juga menyatakan bahwa unit kerja UKPBJ bisa berdiri sebagai suatu wadah untuk membantu pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang ada di suatu wilayah, khususnya di kota Salatiga ini.

“ Unit kerja PBJ (UKPBJ) sebagai pusat keunggulan center of excellence PBJP  dimana fokusnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam membantu dan memberikan nilai tambah serta manfaat dalam kegiatan pengadaaan barang dan jasa,” Ucap Robin

Robin juga mengingatkan bahwa keberadaan UKPBJ ini juga membutuhkan sebuah kepemimpinan secara teknis dan manajerial untuk membangun kapabilitas organisasi pengadaan tersebut.