Tumbuhkan Kesadaran Tertib Arsip, Dinaspersip Gelar Pameran Arsip

SALATIGA – Meskipun arsip mempunyai nilai penting dalam membangun memori kolektif sebuah daerah, namun pada kenyataanya ada sebagian arsip dalam kondisi yang memprihatinkan, terbengkalai, tidak terawat, rusak karena dimakan usia, bahkan hilang karena ketidaktahuan. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto saat membuka Pameran Kearsipan Kota Salatiga Tahun 2017 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga (Dinaspersip), Senin 24/07.

“Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan kita bersama. Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran kita semua dalam menjaga arsip. Kearsipan juga akan semakin mendapat tempat yang layak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini penting karena arsip adalah memori kolektif kita sebagai bagian dari masyarakat Salatiga, warga negara Indonesia dan dunia,” ujar Yuliyanto.

Ia menambahkan bahwa Pameran Kearsipan tersebut ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk pengembangan bidang kearsipan karena arsip merupakan identitas dan jati diri bangsa, yang digunakan juga sebagai memori, acuan, dan memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa.

Sementara itu Plt Kepala Dinaspersip, Agus Parmadi mengatakan bahwa Pameran Kearsipan yang mengambil tema “Budayakan Sadar Tertib Arsip” ini bertujuan untuk menumbuhkambangkan budaya sadar arsip. “Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-1267 Salatiga ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya tertib arsip bagi masyarakat,” jelas Agus Parmadi.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Senin 24/07 sampai dengan Minggu 30/07 di Dinaspersip mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Selain membuka pameran, dalam kesempatan tersebut Walikota, Wakil Walikota beserta jajaran Forkopimda meluncurkan 3 aplikasi dari Dinaspersip yaitu: Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SKD), Sistem Informasi Arsip Pribadi (SIAP) dan i-Salatiga. Selain itu, Walikota juga meluncurkan lagu sekaligus video klip karya Budayawan Salatiga, Eddy Supangkat, yang berjudul “Salatiga Kota Terindah”. (sg)