Salatiga – Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 Kota salatiga wilayah Kodim 0714, manunggal membangun karakter generasi milenial resmi dimulai Selasa di Lapangan Kecandran Kota Salatiga.m(10/7). Kegiatan ini akan digelar sampai 8 Agustus 2018 mendatang dengan sasaran pekerjaan fisik maupun non fisik.

Upacara pembukaan TMMD ini dipimpin langsung oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM. Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kota salatiga ini, juga ditandai dengan pemukulan kentongan yang dilakukan oleh Walikota Salatiga didampingi oleh kepala dinas terkait dan dinas vertikal yang ada di kota Salatiga.

Walikota Salatiga saat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, mengatakan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa. Karena didalamnya terdapat semangat bahu membahu, saling memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, tenaga dan keterampilan.

“ Saya senang atas kegiatan ini, TMMD menjadi kegiatan berbasis gotong royong. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas dalam masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat,” Jelas Yuliyanto.

Dirinya mengajak untuk bersama-sama nyengkuyung bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Desa bisa maju dengan fasilitas pelayanan dasar masyarakat juga baik. Selain itu terciptanya sdm yang semakin berkualitas, mandiri, kreatif dan inovatif serta berkarakter.

“ Sekali lagi maturnuwun dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada ibu pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di negeri ini,” Pungkasnya.

Sebagai informasi daerah sasarannya di tahap II yakni kegiatan fisik dilaksanakan di kelurahan kecandran kecamatan Sidomukti, sementara untuk kegiatan non fisik dilaksanakan di balai kelurahan kecandran. Sasaran non fisik meliputi penyuluhan PPBN dan wasbang, narkoba dan kamtibmas, hukum, sertifikat tanah, agama, usaha kecil dan menengah, ketenagakerjaan, pemberdayaan masyarakat, pertanian, KB, kesehatan, perlindungan masyarakat, keterampilan, hiburan rakyat. Unsur pelaksananya tiap hari adalah  kodim 0714 Salatiga 1 SST, polsek Sidomukti 2 orangi, Dinsos Salatiga 2 orang, pemkot Salatiga 5 orang, DPU 2 orang, linmas 5 orang, pelajar dan mahasiswa 25  orang libur, dan  masyarakat berjumlah 46 orang tiap hari.

Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II di Kota Salatiga ini akan mengerjakan jalan yakni  pekerjaan jalan makodam dan pengaspalan jalan di wilayah ngaliyan RT 01/ RW 05 sepanjang jalan 169 m lebar 2,6 m. Kemudian pekerjaan jalan di wilayah Duren puskesmas pembantu RT 04/ RW 05 sepanjang jalan 194 m lebar 2,5 m. TMMD ini menggunakan sumber daya APBD Provinsi JawaTengah sebesar Rp 167.115.200,00 kemudian APBD kota Salatiga yakni Rp 296.709.600. Jadi total dana yang digunakan Rp 463.824.800,00.