Walikota Salatiga didampingi Sekda Fakruroji, Forkopimda, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, serta kepala OPD yang menjadi Desk Pilkada melakukan peninjauan persiapan TPS di 4 Kecamatan. Tinjauan dilaksanakan pada malam 26/6.

Pada kunjungan pertama di TPS 9 Kelurahan Sidoerejo Lor yang mengambil tema Asian Games 2018, Yuliyanto berhasil mencetak gol ke gawang sebagai simbol kesiapan TPS dalam melayani para warga yang ingin memberikan hak suara.

Siswanto, Ketua KPPS TPS 9 Sidorejo Lor dalam sambutannya meminta kepada walikota, KPU dan BAwaslu untuk memberikan masukan terkait tata letak para petugas KPPS. “Saya mohon kepada masukan¬† terkait logistik yang telah kita siapkan, baik penempatan kotak dan bilik suara serta pernak pernik Asian Games yang ada apakah diperbolehkan dan tidak mengganggu proses pencoblosan. Saya juga minta pak walikota untuk menendang bola ke gawang sebagai simbolis pesta demokrasi di TPS ini,” pinta siswanto.

Walikota memberikan apresiasi terhadap seluruh petugas TPS, baik KPPS hingga para saksi yang menyambut Pemilihan Gubernur dengan suka cita. Kunjungan TPS selanjutnya di TPS 9 Mangunsari, TPS di Kelurahan Tegalrejo, dan TPS di SD Gendongan.

Ketua KPU Putnawati dan Ketua Bawaslu Agung Ari Mursito menanggapi bahwa TPS yang dikunjungi dinilai sudah memenuhi ketentuan yang disyaratkan.