BALAIKOTA – Tertarik dalam kebijakan dan program pengembangan produk unggulan olahan singkong, Pemkab Bondowoso Provinsi Jawa Timur mengunjungi Kota Salatiga. Kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat, SE, MSi diterima langsung oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di Ruang Kerja Walikota Salatiga, Senin 29/04.

Wakil Bupati Bondowoso menjelaskan bahwa singkong juga merupakan produk unggulan dari Kabupaten Bondowoso, karenanya pihaknya berkeinginan untuk belajar tentang pembinaan dan kebijakan dalam rangka pengembangan produk olahan singkong langsung di Kota Salatiga.

“Seperti Salatiga, kami juga mempunyai produk olahan kuliner lokal yang juga berasal dari singkong. Setelah mendengar tentang kemajuan produk olahan singkong dari Kota Salatiga, kami sengaja mengunjungi Kota Salatiga untuk belajar tentang bagaimana pembinaan dan  pengembangan produk olahan singkong ini,” jelas Irwan Bachtiar Rachmat.

Turut mendampingi Wakil Bupati Bondowoso adalah 20 orang yang terdiri dari: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Kepala Bakorwil V Jatim, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, Pimpinan Bank Jatim Cabang Bondowoso, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Satpol PP, 5 orang camat, dan juga beberapa pengusaha olahan singkong.

Menyambut kunjungan tersebut, Walikota Salatiga menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kota Salatiga menjadi lokasi kunjungan. “Saya menyambut baik kunjungan ini, mari kita bersama-sama saling membagi pengalaman dalam kebijakan pembinaan produk-produk lokal. Saya percaya bahwa baik Kabupaten Bondowoso maupun Kota Salatiga sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan pembinaan produk lokal,” ujar Walikota Salatiga.

Walikota juga menjelaskan bahwa pembinaan UMKM, termasuk produk kuliner lokal ini juga merupakan salah satu program prioritas dalam program kerja Pemkot Salatiga. Bersama dengan pembangunan sektor pendidikan dan sektor kesehatan, pembangunan di sektor UMKM ini menjadi prioritas Pemerintah.

Setelah tukar menukar cinderamata, diskusi tentang kebijakan dan program pengembangan produk unggulan olahan singkong dipandu oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Salatiga, Daryadi, SH. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain pemilik usaha singkong D-9 Salatiga, Hardadi, Kepala SKPD terkait. Seusai diskusi, rombongan mengunjungi sentra olahan singkong di Sentra Industri Kecil Olahan Singkong, Kel. Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.(humas-sg)