Salatiga – Untuk menekan penyebaran virus covid-19 di Salatiga, Wali Kota beserta petugas gabungan melakukan sidak di jalur protokol, dan masih menemui banyak pengendara motor dan mobil yang tidak memakai masker.

“Virus corona sangat cepat penyebarannya, jadi kita harus disiplin dalam menjaga kesehatan. Saya masih menjumpai warga yang bandel dan tidak memakai masker saat keluar rumah. Tadi saya memakaikan sendiri masker ke salah satu pengendara motor agar mereka sadar akan hal tersebut,” kata Yuliyanto, Kamis (16/4/20).

Orang nomor satu di Salatiga ini tidak hanya menegur langsung warga yang dijumpai karena tidak mengenakan masker, namun Dirinya juga menegaskan agar selalu menjaga kebersihan diri dan terus menjaga physical distancing.

“Selain masker, pengendara motor, sopir, tukang becak, tukang parkir dan pejalan kaki, juga saya berikan hand sanitizer. Semoga langkah ini bisa memutus rantai virus corona,”ujarnya saat berada di sekitar bundaran Tamansari Salatiga.

Lanjutnya, Wali Kota bersama petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Polisi, TNI, Ketua TP PKK, Sekda Kota Salatiga, Jajaran Forkopimda, kemudian melanjutkan sidak ke wilayah pertigaan JLS Blotongan dan Terminal Tingkir.

Di wilayah tersebut, mereka mengecek kesiapan petugas dan bertemu dengan masyarakat yang akan masuk ke wilayah Kota Salatiga.

“Sasaran kami adalah mereka yang terpaksa harus bekerja keluar rumah. Kita akan berikan edukasi sebagai langkah bersama untuk meminimalkan resiko penularan di tengah merebaknya pandemi COVID-19,” tegas Yuliyanto.