SALATIGA – Untuk menanamkan budaya keselamatan berlalu lintas sejak dini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga menggelar Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perhubungan kepada Siswa Sekolah Dasar Kota Salatiga di Taman Kota Salatiga di Bendosari, Rabu 16/10. Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari tersebut diikuti oleh 600 siswa dari berbagai SD di Kota Salatiga.

Kepala Dishub Kota Salatiga, M. Sidqon Effendi, SSiT, MT menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Dishub Tahun Anggaran 2019 yang bertujuan untuk menanamkan budaya keselamatan berlalu lintas sejak dini. “Berlalu lintas di sini tidak selalu berarti mengendarai kendaraan, tapi sebagai pemakai jalan, misalnya pejalan kaki, ataupun pembonceng kendaraan roda dua,” jelas Sidqon Effendi.

Ia mengatakan bahwa dengan pendidikan sejak dini tersebut, diharapkan saat para siswa beranjak remaja dan sudah boleh mengendarai sepeda motor, ia menjadi lebih siap dan lebih paham tentang keselamatan berlalu lintas. “Ini juga merupakan tugas dari pemerintah daerah melalui Dishub untuk membudayakan keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat. Karena banyak kasus kecelakaan bermula dari kurangnya kesadaran akan keselamatan berlalu lintas,” urainya.

Dijelaskan pula bahwa kegiatan telah dimulai pada Senin 7/10, Selasa 8/10, Rabu 9/10, Senin 14/10, Selasa 15/10 dan selesai pada Rabu 16/10. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 2 dan 3 dari berbagai Sekolah Dasar di Kota Salatiga. “Jadi 600 peserta tersebut dibagi ke dalam 6 hari pelaksanaan,” urainya.

Selain dari petugas Dishub, kegiatan tersebut juga menghadirkan instruktur keselamatan lalu lintas dari PT Astra. Kegiatan dimeriahkan dengan permainan ular tangga lalu lintas, pengenalan rambu lalu lintas di taman lalu lintas, permainan otoped dengan memperhatikan rambu serta mengenakan helm serta pembelajaran teori di Taman Kota Salatiga di Bendosari tersebut.

Sementara itu, salah satu guru pendamping, Lila Sefriani mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Dishub atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam kegiatan ini. Kegiatan ini membawa manfaat banyak bagi para siswa kami, yang berkesempatan belajar tidak hanya sekedar lewat teori, namun juga praktik dan berbagai permainan,” pungkas Guru SDN Salatiga 06 ini.(sg)