Sukseskan SP 2020, Walikota Ajak Masyarakat Input Mandiri

Salatiga – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga secara bersamaan melakukan input sensus penduduk online, didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Salatiga. Mereka mengajak agar masyarakat juga bisa melakukan secara mandiri.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota menggunakan laptop dan Wakil Wali Kota menggunakan smartphone dalam mengisi data sensus penduduk online, di Rumah Dinas Wali Kota Jl. Diponegoro 01, Senin (17/02). Dirinya menjelaskan bahwa untuk memudahkan proses sensus penduduk online, masyarakat disarankan untuk menyiapkan akta nikah, kartu keluarga, dan akta kematian bila ada anggota keluarga yang sudah meninggal.

“Kegiatan ini harus didukung seluruh masyarakat Salatiga, kami harap bisa diisi secara mandiri dan penuhi prosesnya, karena sangat mudah,” kata Yuliyanto.

Sejalan dengan hal tersebut, Satriono Kepala BPS Kota Salatiga menjelaskan bahwa masyarakat bisa mengakses laman sensus ini secara mandiri. Untuk Salatiga sendiri kami mematok target lebih banyak dari target sensus penduduk online di tingkat nasional yaitu di angka 20 persen.

“Masyarakat yang belum mengisi sensus penduduk online secara mandiri, tetap akan ada pendataan dari BPS. Tepatnya pada bulan Juli mendatang mereka akan didatangi oleh petugas. Target program Sensus Penduduk Online untuk Kota Salatiga sendiri sebesar 21 persen,” terang Satriono.

Lanjutnya, strategi yang kami lakukan adalah akan ada rapat koordinasi (rakor) di tingkat kecamatan. Kemudian akan diundang lurah dan kasi pemerintahan tingkat kelurahan dan kecamatan, kepala SMP, SMA, SMK/ MA diwilayah tersebut,  ditambah anggota LPMK, Koramil, Polsek dan Puskesmas.

“Dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan praktek sensus online, agar peserta bisa paham dan langsung menginput. Harapannya peserta bisa menginformasikan kepada lingkungan masing-masing untuk bersama mensukseskan program pemerintah,” harap Satriono.