Sidorejo, 17 siswa dari SMA N 3 Salatiga yang mengikuti program pertukaran pelajar dengan Gymnasium Ohlstedt Humburg Jerman siap bermain karawaitan. Rombongan berpamitan dengan Walikota Salatiga Yuliyanto di Rumah Dinas Walikota, 15/8.

Didampingi PJ Sekda Sri Wityowati, Yuliyanto berharap para siswa mampu membawa nama harum Kota Salatiga di Jerman. “Kenalkan Salatiga di sana, dan persiapkan sebaik mungkin apa-apa yang akan dilakukan di sana.” Harapnya.

Dyah Vollyati selaku mentor siswa menjelaskan bahwa para siswa sudah mampu memenuhi target persiapan. “Para siswa cukup bagus dan mampu menerima materi yang dibutuhkan. Di Jerman para siswa akan mengenalkan budaya Indonesia, makanan tradisional, dan informasi tentang Indonesia. Para siswa angkatan ke-3 ini cukup bagus karena memiliki sosial intelegensia tinggi. Yang terpenting dalam pertukaran pelajar, bukan semata siswa yang pandai dalam bidang akademik, namun sosial intelegensia dan kemamuan mereka. Dalam rombongan ini ada anak yang juara taekwondo dan bermain gitar tingkat provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

Yuliati Eko Atmojo selaku kepala sekolah sangat mendukung kegiatan tersebut. “Ini sesuai dengan visi sekolah kami yaitu mewujudkan siswa yang berdaya saing global. Dengan pertukaran pelajar antar negara ini tentu menjadi bukti bahwa SMA N 3 Salatiga mampu. Bahkan dinas Provinsi juga sangan mendukung dan membantu persyaratan administrasi yang harus dipersiapkan. Anak0anak akan berangkat tanggal 2 September dan tiba di Salatiga tanggal 24 September,,” jelas Yuliati.

Anindityo Bagas Ata Nurcahyanto mengaku senang bisa turut dalam rombongan tersebut. “Saya selam satu bulan terakhir serius menyipakan diri baik dari bahasa Inggris, bahasa Jerman percakapan harian, drama pertunjukan dan persiapan lainnya,” ungkap putra PJ Sekda ini.