Taman Sari – Percepatan di berbagai bidang yang belum optimal perlu segera dilakukan oleh setiap OPD terkait. Hal ini perlu dilakukan agar sinergitas dan keberhasilan pembangunan di kota Salatiga bisa berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE., MM saat memberikan sambutan pada acara mangayubagyo satu tahun pengabdian Yuliyanto-Haris(Yaris) periode dua yakni 22 Mei 2017-2018, di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Selasa Sore (22/5). Menurutnya, dibawah kepemimpinan Yaris yang telah memasuki satu tahun ini, bisa berjalan dengan baik, meski ada juga tantangan dan hambatan yang dihadapi. Namun dengan adanya kerja sama yang baik dari setiap  Organisasi Perangkat Daerah(OPD) yang ada dan seluruh jajaran terkait, semua bisa dilakukan dengan baik. “ Saya dan pak Haris merasa setahun ini cepat sekali. Saya rasa baru kemarin hingar bingarnya selesai dan sudah satu tahun berjalan. Setahun lalu saya dan pak Haris sudah mendapatkan amanah. Kami bersyukur semua bisa  berjalan secara baik, tentunya tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak dan OPD yang membantu kami,” Ujar Yuliyanto.

Terkait itu semua, lanjutnya masih ada perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan dan ditingkatkan. Isu-isu strategis harus direkam dan selalu diperhatikan kembali agar menjadi bahan evaluasi bersama demi pencapaian pelayanan maksimal ke masyarakat di tahun 2018 ini. “ Monggo bapak-ibu, mari bersama-sama saling membantu untuk perbaikan di sektor yang belum maksimal. Agar ditingkatkan lagi sehingga pelayanan dan pembangunan  bisa berjalan dengan baik,” Pintanya.

Yuliyanto menambahkan hal tersebut akan menjadi perhatian kita bersama, semua harus bisa menyelesaikan tanggung jawabnya di setiap OPD yang diampu. Nantinya, diharapkan sinkronisasi dan keberhasilan dari pihak-pihak tadi bisa saling mendukung dalam percepatan pembangunan dan pelayanan di kota Salatiga.“ Nanti bareng-bareng kita bantu, secara keseluruhan nanti kita bantu, kendalanya ada dimana, solusinya bagaimana,” Tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekda Kota Salatiga, Drs. Fakruroji. Menurutnya, melihat satu tahun pemerintahan Yaris di periode 2 ini, pihaknya juga mengajak semua jajaran untuk saling bergandeng tangan demi percepatan pembangunan dan perbaikan pelayanan yang ada di kota Salatiga. Kalau melihat atau mengacu pada RPJMD arah kebijakan di tahun 2018 ini yaitu perwujudan pelayanan publik dan good governance sebagai pondasi penyelenggaraan pemerintahan  kota Salatiga yang bermartabat, tertib dan aman dengan dilandasi  10  prioritas pembangunan. Kata dia, disana ada tingkatan pelayanan publik dengan sarprasnya, kemudian penyediaan informasi publik berbasis IT dan mempunyai akses web. Selain itu, juga dengan peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan,dll.

“ Potret APBD tahun 2018 Kota Salatiga dari sisi pendapatan  mencapai 887, 9 Miliar sedangkan untuk  belanja mencapat 932,3 Miliar, sehingga devisitnya ada di angka 35,3 Miliar. Saya kira ini normal dalam kontek kaitannya dengan belanja, potret belanja langsung kita sudah mencapai 55 %. Ini harus kita kawal bareng-bareng demi tujuan bersama ,” Katanya

Lanjutnya, Kata dia fokus tahapan RPJMD untuk tahun 2018 sudah tertuang dengan  fokus tahapan merupakan penjabaran dari misi walikota yakni di misi nomor tiga yaitu meningkatkan keramahan, ketertiban, dan kondusivitas. Kemudian juga misi kedelapan yaitu meningkatkan kesejahteraan sosial, gender, dan perlindungan anak serta  misi kesembilan yaitu meningkatkan pelayanan publik dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kegiatan ini sendiri selain dihadiri oleh Sekda, juga dihadiri oleh asisten sekda, pimpinan OPD, Camat dan Lurah Se-Kota Salatiga. Acara ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng dengan ayam jawa yang sudah tersaji didalamnya sebagai simbol syukur untuk satu tahun pemerintahan Yaris periode ke-2, kemudian acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama-sama.