BALAIKOTA – Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji mewakili Pemerintah Kota Salatiga menyerahterimakan Jamaah Calon Haji Kota Salatiga 1440 H/2019 kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo (SOC) di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Rabu Pagi 30/07/2019.

Kegiatan tersebut didahului dengan pelepasan Jamaah Calon Haji Kota Salatiga 1440H/2019 oleh Sekda, Jajaran Pemkot Salatiga, Kemenag Kota Salatiga, instasi terkait serta keluarga para pengantar calon haji di Halaman Pemkot Salatiga.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Salatiga menyerahterimakan jamaah Kota Salatiga yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 81 bersama Kabupaten Demak dan Kabupaten Semarang. “Bersama dengan Kab. Demak dan Kab. Semarang, saya berharap agar Jamaah Calon Haji Kota Salatiga dapat mengikuti petunjuk para petugas selama menunaikan ibadah haji. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan selalu jaga kesehatan,” kata Fakruroji.

Sekda juga menyampaikan selamat kepada jamaah calon haji yang akan segera berangkat ke tanah suci tersebut serta mendoakan agar Allah SWT meridhoi perjalanan ibadah para jamaah serta dapat memperoleh predikat mulia sebagai haji yang mabrur.

Sementara itu, Afif Mundzir, M.Si, perwakilan PPIH Embarkasi Solo yang menerima penyerahan jemaah kloter 81 tersebut, menyampaikan bahwa setelah diserahkan Sekretaris Daerah kepada PPIH Embarkasi Solo, maka seluruh jamaah calon haji menjadi tanggung jawab PPIH.

“Terimakasih atas penyerahan jemaah calon haji oleh Bapak Sekretaris Daerah Kota Salatiga bersama Jajaran Pemkot Salatiga di Donohudan. Mulai saat ini seluruh jemaah calon haji menjadi tanggung jawab kami. Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk kloter 81 ini,” ungkapnya.

Afif Mundzir menjelaskan bahwa para jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir sebelum diterbangkan ke tanah suci. Selain itu, para jamaah akan mendapatkan biaya hidup (living cost) untuk dipergunakan di tanah suci sejumlah 1.500 real.

Disebutkan bahwa kloter 81 ini terdiri dari 3 daerah yaitu Kota Salatiga 190 jamaah, Kab. Demak 162 jamaah, Kab. Semarang 3 jamaah serta 5 orang petugas haji. Dijadwalkan kloter tersebut terbang dari Bandara Adi Sumarmo ke Jeddah pada Rabu 31/07 pukul 09.10.  (sg)