Salatiga(27/8), ASN itu seperti didalam akuarium. Artinya pelayan publik yang dilaksanakan dilihat secara langsung oleh masyarakat apakah sudah baik atau tidak. Oleh sebab itu pemerintah membuat sebuah aplikasi yaitu lapor SP4N, dimana masyarakat dapat melaporkannya. Dan setiap pelaporan harus segera dijawab. Hal tersebut di kemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga Drs. Fakruroji, dihadapan para sekretaris OPD dan admin PPID,  saat memberikan arahan pada Forum PPID di Ruang Plumpungan Gedung Setda Salatiga.

Lebih lanjut Sekda meyampaikan bahwa membuka saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan atas pelayanan pemerintah merupakan salah satu bagian dari upaya percepatan reformasi birokrasi. Sebagaimana diketahui bahwa menurut permen PAN RB no : 11 tahun 2016 tentang roadmap Reformasi Birokrasi , ada 3 sasaran yaitu, Birokrasi yang Bersih dan Akuntable, Birokrasi yang efisien dan Efektif,  serta Birokrasi yang mempunyai Kualitas Pelayanan Publik. Ada 8 area perubahan untuk mewujudkan 3 sasaran reformasi birokrasi, satu diantaranya adalah bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“hasil dari keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dapat ditandai dengan dua hal yaitu meningkatnya index survey internal tentang Integritas organisasi. Profesionalitas ASN itu seperti apa?, itu nanti yang akan disurvey, sedangkan yang kedua adalah index survey eksternal tentang persepsi korupsi dan pelayanan publik.”, Ujar Sekda.

“Dalam hal pelayanan publik, sesuai dengan UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, bahwa masyarakat berhak mengadukan pelayanan publik, maka aplikasi ini dibuat sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan hak kepada masyarakat untuk memberikan aduan mengenai pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah, oleh karena itu saya harap setiap OPD dapat segera menjawab setiap aduan yang diberikan oleh masyarakat.” Tambah sekda

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kominfo Kota Salatiga Nasirudin juga mengingatkan kepada seluruh undangan utamanya sekretaris agar segera menugaskan admin web masing-masing untuk memasang link aplikasi lapor.go.id di website OPD.

Kegiatan ini dihadiri oleh para sekretaris OPD dan admin PPID seluruh OPD se-Kota Salatiga.