Balaikota – Untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan berpolitik dan ketatanegaraan, khususnya generasi muda, sebanyak 190 tokoh pemuda, karang taruna dan mahasiswa mengikuti Sosialisasi Pendidikan Politik Kota Salatiga Tahun 2018. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto ini dilaksanakan di Gedung Setda Kota Salatiga, Senin 17/09.

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting terlebih menjelang pesta demokrasi pada tahun 2019 yaitu pemilihan presiden dan juga legislatif yang suasananya sudah terasa mulai dari tahun 2018 ini.

“Pesta demokrasi tahun 2019 merupakan sebuah tahapan yang harus dilewati oleh Bangsa Indonesia. Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Utamanya kepada generasi muda, tokoh pemuda, karang taruna dan mahasiswa sebagai agent of change, saya berharap agar selalu mengutamakan persatuan bangsa Indonesia. Jangan mudah termakan hoax atau malah jadi penyebar hoax. Dalam demokrasi, berbeda pilihan itu hal yang biasa,” jelas Walikota.

Walikota berpesan agar generasi muda memahami mekanisme pesta demokrasi, makna demokrasi, pelaksanaan demokrasi, arti penting partisipasi dalam pemilu serta mengerti bagaimana memilih pemimpin yang ideal. Selanjutnya kepada generasi muda tersebut diharapkan untuk menularkan pengatahuan yang didapat kepada komunitas dan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubid Kelembagaan dan Pendidikan Politik Badan Kesbangpol Kota Salatiga Etik Setiati. Ia menjelaskan bahwa pemilu yang merupakan pesta demokrasi handaknya tetap menjadi wahana perwujudan kedaulatan rakyat dalan kerangka NKRI.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Agung Nugroho dengan materi Pelaksanaan Demokrasi dalam Kehidupan, Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati dengan materi Demokrasi kunci Sukses Pemilu 2019 dan Dosen Universitas Diponegoro DR. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin dengan materi mewujudkan sukses kepemimpinan yang luber dan jurdil. (sg)