SALATIGA – Sebanyak 124 Kepala Sekolah dari tingkat SD dan SMP dan yang sederajat, negeri dan swasta mengikuti Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Kota Salatiga. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto ini dilaksanakan di Aula SMA N 3 Salatiga, Senin 05/11.

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan bahwa sektor pendidikan mempunyai peran yang signifikan dalam perkonomian Kota Salatiga. Karenanya penjaminan mutu pendidikan di Kota Salatiga menjadi hal yang penting.

“Salah satu trifungsi Kota Salatiga adalah sebagai Kota Pendidikan. Dari pendidikan tinggi saja sudah ada sekitar 30 ribu mahasiswa yang ada di Kota Salatiga, tentu saja mereka ini sangat berperan dalam perputaran roda ekonomi masyarakat Kota Salatiga. Karenanya menjaga mutu pendidikan di Kota Salatiga adalah sebuah hal yang penting,” kata Yuliyanto.

Ia mengatakan bahwa pemkot Salatiga telah mengalokasikan lebih dari 30% APBD untuk pendidikan, lebih dari 20% sebagaimana diamanatkan Undang-Undang. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan menjadi prioritas pembangunan di Kota Salatiga.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia Kegiatan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Umi Limaningsih kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pemangku kepentingan tentang kebijakan penjaminan mutu pendidikan. Sedangkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah menganalisa mutu pendidikan di Kota Salatiga dan menyamakan persepsi pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana tindak lanjut penjaminan mutu pendidikan tahun 2019.

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 2 hari yaitu Senin 05/11 dan Selasa 06/11. Adapun narasumber kegiatan antara lain, Pejabat dari lembaga Penjamin Mutu Provinsi Jawa Tengah, Pejabat di Lingkungan Pemkot Salatiga dan Akademisi dari Perguruan Tinggi. (sg)