SALATIGA – Dalam rangka mengantisipasi dan mengurangi peredaran barang kena cukai ilegal seperti rokok tanpa pita cukai atau cukai kedaluarsa, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga kembali menggelar operasi cukai di wilayah Kecamatan Argomulyo dan Tingkir, Rabu 18/10 dan Kamis 19/10.

Kasi Penyelidikan Penyidikan dan Tindakan pada Satpol PP Kota Salatiga, Juwandi mengatakan bahwa operasi kali ini fokus pada 2 kecamatan yaitu Argomulyo dan Tingkir. “Operasi dua hari ini diintensifkan di dua wilayah kecamatan, yaitu Argomulyo dan Tingkir. Operasi ini menyisir mulai dari toko modern, warung-warung di gang sempit sampai lapak rokok di pinggir jalan supaya operasi lebih optimal,” jelas Juwandi.

Dari operasi tersebut diketahui bahwa rokok dengan pita cukai kedaluarsa ataupun rokok tanpa pita cukai sudah tidak ditemukan. “Cukai meragukan, cukai kedaluarsa ataupun rokok tanpa pita cukai / rokok bodong sudah tidak ditemukan. Prediksi kami, hal ini dikarenakan pada bulan September lalu sudah dilaksanakan operasi di wilayah kecamatan tersebut dan dilanjutkan dengan pembinaan,” urai Juwandi.

Juwandi menambahkan bahwa tidak ditemukannya rokok tanpa pita cukai menandakan tertibnya para pedagang rokok. “Pembinaan akan terus kami lakukan untuk mengantisipasi peredaran barang kena cukai ilegal. Terimakasih kepada para pedagang karena sudah tertib dan kooperatif,” ujarnya.

Selain Satpol PP, operasi cukai tersebut melibatkan instansi antara lain; Badan Kesbangpol, Dinas Perdagangan, Bagian Perekonomian Setda, Bagian Hukum Setda, Bagian Humas dan Protokol Setda serta Kecamatan dan Kelurahan. (sg)