Satpol Gelar Operasi Gabungan, Cegah Peredaran Rokok Ilegal

Salatiga – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beserta tim gabungan (TNI, Polri dan Bea Cukai Semarang) melakukan Operasi Cukai dilakukan di wilayah Kota Salatiga. Sasarannya untuk mencegah beredarnya peredaraan produk rokok yang bercukai ilegal.

Operasi ini dilakukan selama 5 hari mulai dari Senin (21/09) sampai (25/09)  dengan cakupan wilayah yakni di  4 kecamatan di Kota Salatiga dan menyasar pemilik warung dan  toko modern.

Menurut Agung Nugroho, Kepala Satpol PP Kota Salatiga mengatakan bahwa cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang tertentu. Terutama tembakau atau rokok seperti yang kita lakukan saat operasi cukai tersebut. Karena hal tersebut menjadi salah satu pendapatan negara namun sering kali dipalsukan.

“Kita laksanakan operasi bersama-sama. Ini untuk  mengetahui apabila ada peredaraan rokok ilegal  dan untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat (penjual) atas barang yang bercukai legal dan ilegal,” kata Agung usai pelaksanaan operasi, Jumat (25/09/2020)

Peredaran rokok ilegal sangat disayangkan, Menurut Agung, masih ada sebagian dari masyarakat yang ingin memanfaatkanya hanya dikarenakan untuk  menghindari pajak yang ada.

“Operasi cukai kita giatkan terus dengan tim gabungan. Penjual diharapkan dapat menjual produk rokok dengan memakai cukai yang resmi sehingga akan menambah pendapatan negara nantinya. Karena  Cukai hasil tembakau mempunyai peran penting, bisa digunakan dalam pembiayaan program, kinerja pemerintah maupun pembangunan,”ujarnya.

Agung menambahkan bahwa operasi ini tetap  dilakukan dengan protokol kesehatan dan mengedepankan upaya edukatif dan preventif  sehingga akan memunculkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan barang legal dalam kesehariannya.

“Operasi ini penting karena akan menciptakan konsumen yang cerdas, menciptakan masyarakat yang paham  tentang hukum dan taat hukum serta  ikut mencegah peredaran cukai ilegal,”pungkasnya.