Jakarta – Kota Salatiga kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini Kota Salatiga berhasil memperoleh penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya, Kategori Madya.

Penghargaan ini  diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise kepada Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM di Istana Wakil Presiden Indonesia, Rabu (19/12). Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya, Kategori Madya diberikan kepada kota Salatiga. Dalam penilaiannya, Salatiga dianggap mampu menghasilkan sebuah komitmen bersama dengan kepala daerah dalam pemenuhan Keadilan dan Kesetaraan jender melalui strategi Pengarusutaman Gender (PUG).

Yuliyanto SE MM yang hadir secara pribadi di Istana Wakil Presiden mengatakan bahwa dirinya menyambut baik atas penghargaan ini. Diakui, bahwa hal ini adalah kerja bersama atas semua pihak di pemerintah kota Salatiga sehingga kota ini berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

“ Alhamdulillah kota Salatiga mendapatkan penghargaan ini. Hal ini mengambarkan bahwa kota Salatiga sudah on the track terhadap pengarustamaan gender dan perlindungan anak,”  Jelasnya

Menurutnya, hasil yang didapatkan  ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Salatiga. Mereka bersama- sama  melakukan koordinasi ke seluruh OPD, lembaga kemasyarakatan untuk selalu peduli akan pengarusutamaan gender, akademisi,  stakeholder dan dunia usaha di pemerintah Kota Salatiga, melalui pokja PUG dan tim teknis Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) ddampingi dinas DP3A sebagai sekretariat kegiatan.

“ Penerapan kesetaraan gender dalam pembangunan berkekanjutan merupakan tanggung jawab kita bersama. Keberhasilan dari pelaksanaan pembangunan berkelanjutan ini menuntut partisipasi dan komitmen dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah, akademisi, lembaga pendidikan dan swasta, “ Pungkasnya.

Yuliyanto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD terkait dimana telah berkontribusi dalam menjalankan dan mensukseskan RPJMD kota Salatiga.