SALATIGA – Ada yang istimewa di Lapangan Pancasila pada Sabtu Pagi 08/07. Ratusan warga Kota Salatiga berkumpul memimum susu bersama dalam rangka Hari Susu Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Kegiatan yang terangkai dengan senam pagi bersama, sepeda santai dan festival tumpang dan ronde tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto.

Dalam sambutannya, Walikota berharap agar kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya minum susu. “Budaya minum susu di Indonesia ini masih minim jika dibandingkan dengan negara lain. Semoga event yang dipelopori oleh salah satu dunia usaha di Salatiga ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Walikota.

Ia berharap dengan budaya minum susu, kesehatan masyarakat akan meningkat sekaligus produsen susu semakin mudah dalam memasarkan produknya. “Hal ini tentu saja tidak hanya memberikan manfaat positif terhadap kesehatan masyarakat, tapi juga pada terbukanya lapangan kerja di Kota Salatiga. Saya berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekali saja, tapi juga diteruskan sampai ke sekolah-sekolah dan berkelanjutan,” urai Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh, Presiden Direktur PT Kievit Friesland Campina Indonesia Dwi Sutoro. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa posyandu yang tersebar di Salatiga untuk meningkatkan gizi warga masyarakat. “Kami juga memberikan apresiasi kepada kader posyandu yang telah bekerjasama dengan kami selama 10 tahun ini, karena peran mereka dalam memberikan penyuluhan kesehatan masyarakat sangatlah penting,” ungkap Dwi Sutoro.

Dalam kesempatan itu, PT Kievit bersama Frisian Flag membagikan susu kepada seluruh peserta yang mengkuti kegiatan tersebut secara gratis. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolres Salatiga, Komandan Kodim 0714 Salatiga, Kepala Pengadilan Negeri Salatiga, Pj Sekretaris Daerah Kota Salatiga dan Anggota DPRD Salatiga. (sg)