SALATIGA – Upacara peringatan Hari Jadi ke-1267 Salatiga yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila berlangsung dengan khidmat, Senin (24/7). Yang unik, pada upacara kali ini seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga menggunakan pakaian adat jawa. Kebaya untuk para ibu-ibu dan baju beskap untuk bapak-bapak.

Tak hanya itu, seluruh tamu undangan yang memenuhi tribun kehormatan, termasuk Forkopimda Kota Salatiga beserta istri juga memakai pakaian adat jawa. Hal ini merupakan pertama kalinya peringatan Hari Jadi Salatiga diselenggarakan dengan menggunakan pakaian adat Jawa.

Dalam sambutannya, Walikota Salatiga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga yang telah mendukung pemerintahan Kota Salatiga sehingga medapatkan beberapa prestasi pada tahun 2017. “Diantaranya yakni hasil penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang didapatkan oleh Kota Salatiga setelah 12 tahun lamanya dan  juara 3 nasional dalam lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) melalui Kelurahan Tegalrejo”, terang Yuliyanto.

Walikota Salatiga beserta anggota Forkopimda juga menyerahkan beberapa penghargaan diantaranya kepada Juara Olimpiade Sains Siswa Nasional Mata Pelajaran IPS atas nama Vincent Valentino Rossi dari SMP Negeri 2 Salatiga, pemenang Lomba Koperasi Berprestasi 2017 tingkat Kota Salatiga, pemenang Lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tahun 2017 serta pemenang Lomba Awak Kendaraan Umum Teladan Tahun 2017 tingkat Kota Salatiga.

Sebagai inspektur upacara, Walikota juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga keindahan Kota Salatiga agar predikat “De a Schoonnste Staad Van Midden Java” atau Kota terindah di Jawa Tengah yang diberikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda selalu melekat di Kota Salatiga.

Usai upacara, para undangan langsung menuju ke Taman Makam Pahlawan Dharma Kota Salatiga yang terletak di Jl. DR. Muwardi, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Salatiga untuk menggelar upacara dan ziarah terhadap para pahlawan.

Selanjutnya, masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-1267 Salatiga, Pemerintah juga menggelar Pameran Arsip di Dinas Persip Kota Salatiga dan Kirab Budaya. Setelah sebelumnya juga diselenggarakan Jalan Sehat, Senam Bersama dan Sepeda Sehat pada tanggal 21 Juli 2017, Bazar UMKM dan Salatiga Carnival Parade Band pada tanggal 22-23 Juli 2017. (wd)