BALAIKOTA – Memperingati Sumpah Pemuda, Kota Salatiga mendapatkan kado istimewa. Bagaimana tidak, tim gerak jalan Kota Salatiga berhasil merebut Juara I pada lomba gerak jalan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017. Trophy juara I diserahakan Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris kepada tim Gerak Jalan dalam upacara bendera memperingati Sumpah Pemuda Tingkat Kota Salatiga, Halaman Pemkot, Senin 30/10.

Wakil Walikota berharap agar prestasi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi pemuda di Kota Salatiga untuk selalu memberikan yang terbaik. “Selamat kepada Tim Gerak Jalan Kota Salatiga, semoga prestasi ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa kita,” ujar Muh Haris.

Terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekertariat Daerah Kota Salatiga, Sri Satuti mengatakan bahwa lomba gerak jalan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017. Lomba gerak jalan tersebut menempuh jarak 28 km dan diikuti oleh 35 tim dari seluruh kab/kota di Jawa Tengah pada Selasa 17/10 di Cilacap.

“Piala dan uang pembinaan sebesar Rp 12,5 juta diterimakan saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Jawa Tengah di Cilacap, Sabtu 28/10 lalu,” ungkap Sri Satuti.

Selain tim gerak jalan, dalam upacara di pemkot Salatiga tersebut diserahkan pula piala lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris (TUB-BB). Untuk tingkat SMA, Juara I sekaligus Juara Umum diraih SMA N 3 Salatiga, Juara II SMK N 2 Salatiga dan Juara III adalah SMK N 1 Salatiga. Untuk tingkat SMP, Juara I sekaligus Juara Umum diraih SMP N 2 Salatiga, Juara II SMP N 1 Salatiga dan Juara III SMP N 4 Salatiga.

Sri Satuti menambahkan bahwa upacara hari Sumpah Pemuda di Kota Salatiga diikuti oleh berbagai unsur mulai dari PNS hingga pelajar SMP. Sedangkan untuk petugas upacara dari unsur Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Salatiga, Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kota Salatiga, pramuka dan juga pelajar SMP dan SMA. (sg)