Setelah kemarin sukses dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Salatiga, Ketua RT dan RW se-Kota Salatiga diharapkan dapat kembali nyengkuyung setiap agenda Pemilihan Umum di Kota Salatiga. Dimana agenda Pemilu akan digelar secara berurutan yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 serta Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tahun 2019 nanti.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris pada kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pengurus RT dan RW se-Kota Salatiga Tahun 2017, Selasa (24/10).. Kegiatan digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Salatiga di Ruang Kaloka Setda Kota Salatiga. Hadir sebagai pembicara yakni Wakil Walikota Salatiga, Plt. Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Dosen FISIP UNDIP dan Ketua KPU Kota Salatiga.

Dalam pemaparan materi, Muh Haris memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga atas partisipasi pemilih dalam Pilwakot Tahun 2017 sebesar 82,69 persen, dimana angka ini melebihi target nasional yang hanya 77,5 persen. Tingkat partisipasi ini tidak lepas dari kesadaran politik masyarakat Kota Salatiga.

“Saya yakin, masyarakat Kota Salatiga ini sudah semakin cerdas dalam berpolitik. Salah satu indikator suskesnya sebuah pemilihan yakni tingginya partisipasi masyarakat. Selain itu masyarakat dapat memilih berdasarkan kualitas, bebet, bobot dan bibit dari calon yang dipilih, bukan karena NPWP atau nomor piro wani piro”, lanjut Muh Haris.

Pada kesempatan tersebut, Muh Haris juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga iklim Salatiga agar tetap kondusif selama proses pemilihan berlangsung. “Saya berharap seperti sebelumnya, masyarakat Kota Salatiga akan tetap guyub rukun meskipun berbeda pendapat dan berbeda pilihan,” terang  Muh Haris.

Selanjutnya, sekitar 125 Pengurus RT dan RW yang hadir dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menularkan pengetahuan politik yang disampaikan oleh pembicara kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya. Pengurus RT dan RW dianggap sebagai ujung ujung tombak dalam setiap program pembangunan di Kota Salatiga.