Salatiga Akan Mempunyai Wisata Sejarah Baru

Salatiga – Pencanangan pembangunan TWSS (Taman Wisata Sejarah Salatiga) di daerah Nogosaren Bugel Salatiga direncanakan akan digelar pada Rabu(15/01) mendatang. Sekda Kota Salatiga sangat mengapresiasi hal tersebut, karena membranding Kota bisa dilakukan dengan mengangkat potensi sejarah  tokoh pahlawannya.

Bagi Kota Salatiga ini adalah bagian dari pengembangan potensi yang ada yang telah disinergikan dengan pembangunan TWSS tersebut. Menurut Sekda Kota Salatiga, hal tersebut bisa menjadi momentum emas untuk mengangkat nilai kepahlawanan yang ada dan mendokumentasikan secara fisik bangunan bersejarahnya.

“Kita harus uri-uri bersama-sama. Sehingga bisa membranding  tiga pahlawan besar dari Salatiga dengan cara  menelusuri rumah, kelahirannya dan keluarga.  Dinas Pariwisata harus bisa menangkap itu menjadi salah satu hal yang menarik dari sisi sejarahnya,”kata Fakruroji saat jumpa pers bersama wartawan di Ruang Asisten 2 Sekda Kota Salatiga, Kamis(09/01/2020).

Rumah dari Brigjen Sudiarto, Laksamana Madya Yosaphat Soedarso dan Marsekal Muda Agustinus Adisucipto nantinya akan mendapat perhatian. Fakruroji mengungkapkan bahwa dengan mengenal rumah dan keluarganya, maka kemanfaatan sejarahnya bisa meningkatkan potensi wisata Kota Salatiga.

“Kalau perlu kita akan membeli rumah tersebut dan dijadikan tempat bersejarah. Sehingga masyarakat  akan mengetahui sejarah tokoh pahlawan yang ada,”ujarnya.

Sekda Kota Salatiga menambahkan dengan pembangunan taman akan membuat  masyarakat bisa melihat deorama. Salatiga tidak hanya dikenal sebagai kota toleran saja melainkan juga mengenal pahlawan yang ada melalui bangunan bersejarahnya.

“Saya harap dari TWSS ini, nantinya bisa membangkitkan potensi wisata dengan ide-ide yang baru. Terlebih potensi sejarah yang dimiliki seperti tokoh pahlawan Salatiga bisa dikenal,”paparnya.

Sebagai informasi Pemerintah Kota Salatiga, untuk mempersiapkan TWSS juga telah menyediakan tanah seluas 4 Ha dan sudah menganggarkan dana  1,8 Milyar dari APBD Kota untuk membuat landasan dari alutsista, membuat master plan, dll. Saat ini hibah alutsista dan patung yang ada di Nogosaren Bugel Salatiga sudah bisa dilihat seperti replika kapal macan tutul, pesawat cureng, meriam tipe Laut KAL, Tank jenis AMX 13 CANON 105/75 dan Paser Saladin.