50 perwakilan RT dan RW Kecamatan Sidomukti Salatiga dapatkan pelatihan Ketenteraman dan Ketertiban oleh oleh Satpol PP. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Kecandran 12/11 tersebut menghadirkan pemateri dari Satpol PP, Kodim 0714 dan Polres Salatiga.

Drajat Adi Cahyono selaku Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat (Tibum Tramas) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih warga sebagai kader ketenteraman dan ketertiban umum. “Pada dasarnya ketenteraman dan ketertiban umum adalah kewajiban semua warga negara untuk menjaganya. Oleh karenanya kegiatan pelatihan ini diadakan adalah guna menanamkan kepedulian masayarakat terhadap lingkungannya. Ketertiban dan ketenteraman akan terwujud jika semua warga peduli, adanya koordinasi yang baik antara linmas, ketua RTdan RW, ormas di tingkat kelurahan dan pegawai kelurahan,” terang Drajat Adi Cahyono yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Adapun pemateri dari Kodim 0714 adalah Komandan Koramil 01 Salatiga Kapten Sofianto, dan pemateri dari Polres Salatiga adalah IPDA Witono. Para pemateri berharap setiap warga dan tokoh masyarakat berperan sesuai dengan keahlian dan bidang masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Koramil 01 Salatiga Kapten Sofianto menjelaskna peran TNI. “Tugas dari TNI antara lain menjalin koordinasi dan kerjasama mengatasi terorisme, mendorong peran aktif masyarakat, dan penerapan 4 pilar berbangsa dan bernegara. Saya berpesan juga kepada bapak-bapak agar jika ada mantan tahanan teroris jangan dikucilkan. Rangkul yang bersangkutan agar mau berbaur di tengah-tenga masyarakat dan hidup normal,” pesan Kapten Sofianto.