PT Trans Marga Jawa Tengah dan ASTRA International bertekad untuk mendirikan rest area terbaik dan terindah di jalur tol Semarang-Solo Km 456, tak jauh dari Exit Tol Tingkir, Salatiga. Usulan Resta Pendopo 456 ini diinisiasi oleh konsorsium ASTRA Property, Jasa Marga Property, PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, yang memiki kesamaan visi dan misi terhadap konsep baru rest area, untuk memberikan pengalaman baru di jalan tol. Hal ini diungkapkan oleh Novianto Dwi Wibowo selaku Direktur Administrasi dan Keuangan PT Trans Marga Jateng. Hadir di acara tersebut, Walikota Salatiga, Yuliyanto SE, MM dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr. Ir. H Sri Puryono, K S, MP.
“Pertama kali di Indonesia, kami bersinergi dengan UMKM dan TMJ, menyambut baik proyek yang berlokasi di ruas Semarang-Solo km 456. Jalan Tol Trans Jawa sudah terintegrasi dari Merak hingga Surabaya, dan sebentar lagi akan tersambung ke Banyuwangi. Hal ini memberikan peluang dan tantangan dalam mengoperasikan rest area, agar bisa memberikan pelayanan lebih baik. Di saat bersamaan, kita harus memberikan standar minimum dan UMKM di sekitar lokasi,” terang Novianto dalam acara Ground Breaking Ceremony di lokasi Resta Pendopo 456, Senin, 25/02.
Sementara itu, Direktur Astra Internasional, Bambang Widjanarko Santoso mengatakan jika Gubernur Jateng meminta agar segera dilaksanakan ground breaking Resta Pendopo 456.
“Pada pertemuan Jumat kemarin, Gubernur mengatakan jika ide menciptakan rest area terbagus dan terindah di Indonesia ini sebagai konsep gila. Rest Area ini akan didesain dengan gaya khas Jawa Tengah, dengan menghadirkan UMKM sebagai pelengkap. Kami memiliki 226 perusahaan Astra sehingga diharapkan produk-produk tersebut bisa go international,” ujar Bambang.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr. Ir. H Sri Puryono, K S, MP, membacakan teks sambutan Gubernur menyebutkan, di area 3 hektar ke kiri dan 3 hektar ke kanan ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk berswafoto bagi para pengunjung. Komitmen Pemerintah adalah menampung UMKM yang njawani baik berupa makanan dan minuman unik berbahan lokal, maupun busana yang menampilkan kekayaan Jawa Tengah dengan kolaborasi model dan bahan.
Enak ning murah, menu sederhana tapi atraktif. Viralkan secara virtual sehingga Resta Pendopo 456 menjadi destinasi yang unik dan menarik, tidak hanya bagi pengguna jalan tol tapi juga bagi yang ingin berwisata untuk melihat arsitektur dan panorama yang indah,” ucap Sri Puryono.
25