Puisi Karawang Bekasi karya sastrawan besar Indonesia, Chairil Anwar mewarnai acara resepsi HUT ke-73 Republik Indonesia tingkat Kota Salatiga. Puisi tersebut sengaja dibawakan oleh Plh Walikota Salatiga, Muh Haris sebagai pesan kepada generasi muda dalam acara resepsi sekaligus pembubaran Paskibraka Kota Salatiga 2018 di Pendopo Pakuwon Pemkot Salatiga, Jumat Malam 17/08.

Puisi yang mempunyai pesan moral untuk selalu bersemangat melanjutkan perjuangan dalam bentuk memajukan Negara Republik Indonesia dan tetap mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah tiada ini membuat suasana resepsi menjadi hening.

Pesan tentang perjuangan tersebut juga disampaikan oleh Plh Walikota dalam sambutannya. “Saya berpesan kepada seluruh generasi muda untuk selalu mengingat segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan dengan melanjutkan perjuangan memajukan bangsa kita,” kata Muh Haris.

Plh Walikota juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Paskibraka Kota Salatiga 2018 yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam upacara pengibaran bendera maupun aubade. Muh Haris juga mengucapkan terimakasih kepada segenap Panitia HUT RI Tingkat Kota Salatiga yang telah mengawal seluruh rangkaian acara sampai dengan malam resepsi.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia HUT RI yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota,Valentino Haribowo disebutkan bahwa rangkaian HUT RI di Kota Salatiga memang pelaksanaannya beriiringan dengan HUT Kota Salatiga yang jatuh pada tanggal 24 Juli.

“Pelaksanaan rangkaian kegiatan dimulai bulan lalu dengan resik-resik kota, Salatiga Expo, upacara sampai dengan resepsi sekaligus pembubaran paskibraka ini. Namun rangkaian acara belum seluruhnya selesai, masiha ada beberapa kegiatan antara lain wayang kulit dan pemilihan Duta Wisata Kota Salatiga,” beber Valentino.

Dalam acara resepsi tersebut disampaikan pula penghargaan dari Pemkot Salatiga terhadap 13 tokoh atas jasanya di bidang masing-masing. Penghargaan tersebut disampaikan antara lain kepada: Kepala Kantor Pertanahan Kota Salatiga, Mangapul SH untuk jasanya terhadap konsolodasi tanah di Kelurahan Kauman Kidul, Muh Sayuti (alm) dan Mugiono, BA atas jasanya di bidang pendidikan, Roy Mailuhu (alm) atas jasa di bidang olahraga kempo dan Alwi Mugiyanto (alm) atas jasa di bidang olahraga atletik.

“Selain itu penghargaan juga disampaikan kepada Romo Suryo Sunaryo (alm), DR. Zulfa Makhasin (alm) dan KH Tamam Qaulani, ketiganya atas peran dan jasa terhadap toleransi beragama di Salatiga. Ada pula penghargaan kepada atlet-atlet Salatiga yaitu Nani Dwi Purwati, Luthfia Restu Dewanti dan Muhammad Rizki. Dan yang terakhir adalah penghargaan bagi anggota paskibraka yaitu Noviana Desiyanti dan Setyo Nugroho,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Setda Jumiarto.

Acara resepsi tersebut dihadiri juga oleh Danrem 073 Makutarama, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Salatiga dan orangtua dari anggota Paskibraka Kota Salatiga Tahun 2018. (sg)