Salatiga – Ibadah syukur digelar umat kristiani di lingkungan pemerintah Kota Salatiga sebagai ungkapan syukur dan bentuk refleksi diri terhadap hasil dan semangat kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia.

Ratusan jemaat hadir dalam acara ibadah syukur dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama dengan unsur PNS, Polri, TNI, Guru, Karyawan Kristiani di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga di Gereja GPIAI Efata, Rabu (29/8).

Walikota Salatiga yang diwakili oleh Drs Valentino Tanto Harobowo sebagai staf ahli walikota mengatakan ibadah ini adalah sebagai wujud  ungkapan syukur umat kristiani di Salatiga sekaligus bentuk refleksi diri,  dalam memaknai sekaligus meneladani perjuangan panjang kehidupan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “ Mengisi kemerdekaan ini harus dilakukan  dengan menghargai  pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang pendahulu kita. Hal ini wajib kita lakukan dan kita teladani bersama,” Kata Valentino.

Lanjutnya, Menurut Valentino kita harus  mengisi kemerdekaan dengan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan profesi yang kita tekuni. Hal ini penting untuk  bisa membantu usaha pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Valentino mengajak seluruh jajaran aparatur baik sipil, TNI dan Polisi serta seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga atas kerja keras, loyalitas dan dedikasinya yang tinggi dalam menjaga dan mengawal Kota Salatiga ini tetap dalam situasi dan kondisi yang sejuk dan kondusif. “ Kita harus tetap menjaga kota ini sebagai kota tertoleran di Indonesia. Semangat ini harus kita jaga sepenuh jiwa baik di lingkungan keluarga maupun tempat bekerja kita,” Tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran forkompinda di Pemerintahan Kota Salatiga. Bukan hanya sekedar kegiatan ibadah saja, di dalamnya terdapat penampilan alat musik angklung dari rumah pemulihan dan penampilan lagu-lagu kemerdekaan.  Selain itu, juga diserahkan bantuan kepada 5 orang pelajar SMP Kristen 1 Salatiga.