Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2017, ratusan siswa SMA N 3 Salatiga berkirim surat terima kasih kepada para pahlawan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Sekolah Terbuka Pangeran Diponegoro yang diadakan Korem 073 Makutarama di Aula SMA N 3, 10/11.

Komandan Korem 073 Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede didampingi wakil Walikota memimpin sekolah terbuka tersebut. Kegiatan diawali dengan orasi kepahlawanan oleh Wakil Walikota dan Komandan Korem.

Kegiatan dilanjutkan dengan penulisan surat ucapan terima kasih para siswa kepada para Pahlawan, diteruskan dengan pembacaan surat oleh salah satu siswi. Tamara yang ditunjuk secara khusus menulis surat kepada RA Kartini. “Ibu RA Kartini, saya sangat berterima kasih kepada ibu karena jasa ibu tidak terhingga. Jika tanpa perjuangan enamsipasi ibu, mungkin kita tidak bisa menuntut ilmu sebagaimana para kaum pria. Saya berjanji akan bersungguh-sungguh dalam belajar untuk meneruskan perjuangan ibu,” Tamara membacakan suratnya.

Adapun ratusan surat terima kasih kepada para pahlwan tersebut semua berperangko gambar Pangeran Diponegoro. Para siswa bebas memberikan alamat surat yang dituju, mulai dari bapak, ibu, hingga kakak dan saudara mereka.

Dalam orasinya wakil walikota mengajak para siswa mengispirasi semangat Pangeran Diponegoro. “Yang paling penting dalam diri beliau adalah, beliau adalah seorang yang sangat religius. Nilai-nilai pengabdian kepada Allah yang mendasari semangatnya sehingga memiliki energi dan spirit yang tak pernah padam dalam menghadai kolonial. Meski hingga diasingkan ke Makasar sampai tua dan sakit-sakitan semangat perjuangan beliau tidak pernah padam. Marilah kita warisi semangat religius tersebut dalam mengisi kemerdekaan ini,” tutur  Muh Haris.

Acara ditutup dengan minum air mineral kepahlawanan dan penempelan foto Pangeran Diponegoro oleh Komandan Korem 073 Makutarama, dikuti oleh wakil walikota, Forkopinda, Kepala SMA N 3, dan Sekda.  Kegiatan ini dilaksankan secara live bersama SMA 3 Semarang, SMA N 2 Purkokerto, SMA N 7 Surakata, SMA N 2 Bantul dan SMA N 3 Salatiga.