Ratusan siswa SLB dari SLB Bina Putra Kecamatan Argomulyo dan SLB Negeri Salatiga Kecamatan Sidomukti mendapatkan sosialisasi tertib berlalu lintas. Sosialisasi yang digelar oleh Ditlantas Polda Jateng dibantu Satlantas Polres Salatiga dilaksanakan di lingkungan SLB Negeri dan SD Negeri 02 Mangunsari, 22/2.

Kepala Satuan Pendidikan (Satdik) Kecamatan Sidomukti Ninuk SR menjelaskan bahwa kegiatan dimaksud memberikan pemahaman kepada siswa SLB akan pentingnya tertib berlalu lintas. “Peserta¬† adalah anak-anak SLB berjumlah 200 siswa ditambah siswa SD 02 Mangunsari 100 siswa. Maksud dari sosialisasi adalah agar anak-anak disabel mendaptkan informasi tentang tertib berlalu lintas, dan mengakrabkan atau mendekatkan polisi dengan masyarakat dan anak-anak,” terang Ninuk.

“Selain tema lalu lintas, juga akan dijelaskan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak dari PT Viva Merindo. Mulai sekarang jangan ada yang deg-degan atau takut bila bertemu dengan pak polisi, hari ini kita semua akan bersenang-senang dengan pak polisi,” sambutnya saat membuka acara.

Usai pembukaan diawali dengan senam lalu lintas yang dipimpin Aipda Agung Sugiarta dari Ditlantas Polda Jateng. Dilanjutkan penyematan pin pelopor keselamatan berlalu lintas oleh Heri P dari Ditlantas Polda Jateng, Ninuk SR dan jajaran Satlantas Polres Salatiga kepada siswa. Diberikan pula buku panduan tertib berlalu lintas kepada perwakilan sekolah.

Aipda Agung Sugiarta dari Ditlantas Polda Jateng begitu bersemangat memberikan materi, dibarengi dengan humor para siswa tampak antusias dan gembira. “Manfaat helm antara lain; melindungi pengendara dari benturan dan terhindar dari kecelakaan supaya tidak cidera parah, melindungi dari panas, melindungi dari hujan lebat, serta melindungi wajah dari debu,” jelas Aipda Agung Sugiarto yang diikuti para siswa.(fhm)