TINGKIR – Puluhan kelompok seni yang berasal dari 7 kelurahan di Kecamatan Tingkir dan instasi turut andil memeriahkan Kirab Budaya Kecamatan Tingkir Tahun 2019. Kegiatan yang mendapat animo tinggi dari ribuan masyarakat tersebut dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM di Halaman Kecamatan Tingkir, Minggu 08/09/2019.

Dalam sambutannya Walikota memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Menurutnya kegiatan kirab budaya merupakan bagian dari pembangunan manusia dalam melestarikan seni budaya.

“Dalam satu minggu ini, ada 3 event pawai di Kota Salatiga, yang pertama adalah Pawai Taaruf 1 Muharram, Karnaval Budaya Kota Salatiga dan Kirab Budaya Kecamatan Tingkir. Semuanya meriah dan ramai. Ini membuktikan bahwa semangat masyarakat Kota Salatiga dalam nguri-nguri budaya dan meneruskan semangat perjuangan bangsa. Ini juga merupakan bukti kedekatan pemerintah, budayawan dan juga masyarakat,” kata Yuliyanto sebelum menyaksikan kirab di panggung kehoromatan di Taman Tingkir.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Camat Tingkir, Nunuk Dartini, S.Pd, M.Si disebutkan bahwa kegiatan tersebut bertema unity in diversity atau persatuan dalam keberagaman. “Tema ini sesuai dengan semangat Kecamatan Tingkir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Tingkir yang sangat beragam. Tidak hanya beragam suku, agama, dan ras, tapi juga status sosial dan lain-lain. Semuanya kami layani tanpa adanya perbedaan,” jelasnya.

Selain puluhan kelompok seni dari 7 kelurahan di Kecamatan Tingkir, turut memeriahkan kirab antara lain: Polsek Tingkir, Kantor Urusan Agama Kecamatan Tingkir, SMP N 8, Kelompok Bermain Natura, SMK N 3, PMI, Salatiga Icon Costume, Puskesmas serta Persit dari Koramil Tingkir.

Bertindak selaku dewan juri dalam kirab yang juga dilombakan tersebut antara lain: Didik Bibasari dan Sutrisno, M.Pd dari Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dan Sekretaris Diskominfo Kota Salatiga Agung Widi Istiyanto, SH, MH.

Adapun berurutan juara 1 sampai dengan 3 dalam ajang tersebut adalah, Kelurahan Kutowinangun Lor, Sidorejo Kidul, Tingkir Tengah. Sedangkan berurutan juara harapan 1 sampai 4 adalah Kelurahan Kutowinangun Kidul, Gedongan, Kalibening dan Tingkir Lor. Juara favorit diraih oleh SMKN 3 Salatiga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Ketua TP PKK Kota Salatiga Ny. Titik Kirnaningsih Yuliyanto, Wakil Ketua TP PKK Kota Salatiga Ny. Ida Farida Haris, Kasdim 0714 Salatiga Mayor Kav Burhanuddin, ST, Anggota DPRD Dapil Tingkir dan sejumlah Kepala SKPD terkait.(sg)