SALATIGA – Puluhan botol minuman beralkohol (minol) berbagai merk disita dalam operasi gabungan yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Selasa 13/06 sampai dengan Kamis 15/06 di tempat hiburan di wilayah Kota Salatiga untuk menjaga ketertiban umum, terutama pada Bulan Ramadhan ini.

Plt. Kepala Satpol PP Kota Salatiga, Kusumo Aji menjelaskan bahwa Operasi Ketertiban Kota Non Yustisi ini tidak hanya menyasar penjualan minuman beralkohol, tapi juga memeriksa indentitas penduduk (KTP elektronik) serta jam operasional tempat hiburan.

“Operasi gabungan ini adalah penertiban terhadap pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2016 tentang pengawasan dan pengendalian peredaran dan penjualan Minuman Beralkohol dan juga Perda No 13 tahun 2013 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan,” jelas Kusumo Aji.

Operasi yang melibatkan berbagai unsur seperti Polres Salatiga, Kodim 0714 Salatiga, Denpom IV/3 Salatiga, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM & PTSP), Dinas Perdagangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bagian Hukum dan Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Salatiga.

Dari operasi tersebut didapatkan puluhan botol minuman beralkohol dengan rincian minuman berbagai merk sebanyak 18 botol, oplosan sebanyak 3 botol air mineral tanggung, 1 dirigen besar dan 1 ember tuak siap edar, serta 45 warga yang belum mengurus KTP elektronik atau KTP sudah kedaluarsa.

“Untuk minuman beralkohol diserahkan kepada Polres Salatiga pada hari Jumat 16/6 untuk selanjutnya akan dimusnahkan pada Senin 19/6,” jelas Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwali) pada Satpol PP Kota Salatiga, Celso Edgar.

Dijelaskan juga, untuk pelanggaran KTP, warga mendapatkan pembinaan di Kantor Satpol PP untuk segera mengurus KTP. (sg)