Salatiga- Walikota Salatiga mengakui bahwa potensi terkait dengan pangan dan olahannya di kota Salatiga telah berkembang pesat. Hal ini terlihat dari berbagai macam produk yang lebih variatif pada Festival Kemandirian Pangan yang digelar di halaman DPRD kota Salatiga, Jumat (26/7).

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto SE MM saat memberikan sambutan di  acara tersebut. Dirinya selalu mengajak para pelaku usaha kecil untuk terus berinovasi, kreatif dan bisa melihat peluang yang ada di pasaran.

“Saya melihat gelaran kemandirian pangan kali ini lebih rapi, tertata dan variatif. Ini menunjukkan para pelaku usaha kecil di bidang pertanian, makanan olahan, dsb mampu  tumbuh dengan baik. Dari tahun ke tahun terus berinovasi. Semoga berkembang terus kedepannya,”jelasnya.

Yuliyanto mengakui bahwa kegiatan yang dikota Salatiga lebih beragam. Diakui, Salatiga memiliki potensi yang banyak dengan berbagai olahan pangan, hasil pertanian dan hasil olahan berupa makanan kecil.

“Hasilnya sudah banyak yang berhasil dan terkenal di luar Salatiga. Ini justru harus kita dukung sepenuhnya,”ajaknya.

Orang nomor satu di kota Salatiga juga mengajak semua pihak untuk terus bersama-sama dan berkolaborasi meningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan yang ada di kota Salatiga. Bukan hanya dibebankan kepada dinas semata, namun masyarakat juga turut andil di dalamnya.

“Ini adalah bukti bahwa masyarakat kota Salatiga memiliki potensi yang besar. Pemerintah juga akan selalu memberikan perhatian dan penjaminan para usaha kecil untuk bergerak bersama di bidang pangan melalui dinas pertanian, koperasi, dll, ”bebernya.

Ditambahkan, bahwa dirinya akan terus membangun sinergitas antar usaha kecil  di kota Salatiga. Diharapkan akan bisa bertumbuhkembang, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga, menampung tenaga kerja, bahkan bisa mengurangi angka kemiskinan nantinya.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan beberap bantuan. Diantaranya  yaitu bantuan gabah kering giling kepada kelompok tani gotong royong, kemudian bantuan ternak unggas dan bibit sayuran kepada kelompok desa mandiri pangan dari Promasan RT 3 RW 2 Kelurahan Kumpulrejo, dan  bantuan kambing kepada kelompok kelurahan mandiri pangan RW VI Gamol-Kecandran.