Untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas sekaligus mendukung program pemerintah menciptakan zero accident (nol kecelakaan) untuk menekan jumlah korban akibat kecelakaan di jalan raya, Polres Salatiga luncurkan  meluncurkan program “Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan”. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Polres Salatiga, Minggu 30/07.

Kapolres Salatiga, AKBP Happy Perdana Yudianto mengatakan bahwa program dengan tagline “Stop pelanggaran, stop kecelakaan” tersebut akan terus disosialisasikan dengan melibatkan 5 pilar manajemen keselamatan yaitu: Kementerian Perancanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Kepolisian dan Kementerian Kesehatan.

Dalam amanatnya disebutkan bahwa hasil riset WHO, Indonesia menduduki peringkat ke-5 di dunia yang angka kematian akibat kecelakaan cukup tinggi. “Riset tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 1,24 juta jiwa meninggal setiap tahunnya. Karena itulah pemerintah mengeluarkan Inpres No.4 tahun 2013 tentang dekade aksi keselamatan jalan, di mana di dalamnya memerintahkan kepada 5 pilar tersebut untuk bersinergi dalam menekan angka kecelakaan,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Walikota Salatiga Yuliyanto dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kapolres Salatiga atas pelaksanaan program tersebut. “Saya berharap agar program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu-lintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan,” kata Walikota.

Kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimda Kota Salatiga, siswa SD, SMP dan SMA serta masyarakat umum tersebut diawali dengan senam bersama. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan impresif Polisi Cilik dari SD Muhammadiyah Plus Salatiga, kuis berhadiah, penyematan pin keselamatan berlalu-lintas serta peragaan safety riding oleh anggota Satlantas Polres Salatiga. (sg)