Balaikota- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga memberikan bantuan wastafel bagi 25 Sekolah Dasar di Kota Salatiga. Kegiatan ini bertujuan agar kesadaran masyarakat terhadap berperilaku hidup sehat bisa meningkat.

“ PMI Kota Salatiga memiliki program WASH(Water and Sanitation Hygiene) yang merupakan program unggulan tentang pengolahan air bersih, sanitasi dan promosi kesehatan. Program ini  didukung oleh pihak swasta yakni Indomart, yang pada hari ini akan memberikan bantuan wastafel bagi 25 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga,” Ujar Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris, SS., MSi saat memimpin apel bersama di halaman Pemkot Salatiga, Senin(15/10).

Menurutnya hal ini merupakan perwujudan nyata dan dukungan PMI Kota Salatiga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dirinya berharap agar program ini mampu meningkatkan kepedulian dari siswa, guru dan masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat.

“ Hal ini saya rasa penting dan saya harapkan ada dukungan dari berbagai pihak. Agar kepedulian atas hidup sehat bisa dilakukan terus-menerus,” Tambahnya.

Lanjutnya, Muh Haris juga mengajak sekolah yang menerima bantuan ini agar  tetap menjaga, merawat dan memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik. Sehingga kepedulian siswa, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) diharapkan bisa tercapai.

“ Cuci Tangan Pakai Sabun ini penting, karena memiliki manfaat dalam mencegah penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti diare, ISPA pada anak dan flu burung,” Beber Haris.

Ditambahkannya dengan melalui bantuan fasilitas cuci tangan yang memadai dan dilakukan dengan baik dan benar, maka nantinya akan menjadi kebiasaan baik akan dibawa terus oleh anak-anak untuk masa depannya.

“ Menanamkan berperilaku sehat mulai dini akan berdampak baik pula  pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” Pungkasnya

Sebagai informasi pemberian bantuan wastafel ini diberikan oleh Wakil walikota Salatiga secara simbolis kepada perwakilan dari sekolah dasar di kota Salatiga yakni Sd Salatiga 1 dan Sd Tegalrejo 1 dengan didampingi oleh Dinas Pendidikan, Polres Salatiga, dan PMI Kota Salatiga.