BALAIKOTA – Untuk menyusun rencana program kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga baik Markas PMI maupun Unit Donor Darah (UDD), PMI Kota Salatiga menggelar Musyawarah Kerja PMI Kota Salatiga. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM ini diselenggarkan di Gedung Setda Kota Salatiga, Kamis 14/02.

Kegiatan yang digabungkan dengan pemberian penghargaan bagi pendonor darah sukarela 25 kali ini diikuti oleh setidaknya 40 orang yang terdiri dari Forkopimda Kota Salatiga, Pengurus PMI Kota Salatiga, Pembina Palang Merah Remaja (PMR), TNI, POLRI dan Korps Suka Rela (KSR).

Dalam sambutannya Walikota Salatiga menyampaikan apresiasi atas peran PMI Kota Salatiga dalam kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan selama ini. Walikota menyebutkan bahwa PMI Kota Salatiga tidak hanya melayani masyarakat Kota Salatiga saja, tapi juga luar kota Salatiga, bahkan luar pulau.

“Semoga dengan Musyawarah Kerja ini, akan meningkatkan peran sosial kemanusiaan, sehingga keberadaan PMI yang selama ini sudah dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat luas, akan semakin terus berkembang dan semakin dicintai masyarakat,” kata Yuliyanto.

Walikota mengatakan bahwa kiprah para anggota PMI Kota Salatiga melalui program-program kerja tahun 2018 telah terlaksana dengan baik. Salah satu buktinya adalah penghargaan dari PMI Provinsi Jawa Tengah atas perolehan bulan dana 2018 yang meningkat lebih dari 25%.

Sementara itu Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, SS, MSi selaku Ketua PMI menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga atas partisipasi dalam kegiatan-kegiatan PMI seperti dalam penggalangan bantuan bencana.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga atas partisipasi dalam kegiatan PMI seperti dalam penggalangan bantuan , mohon maaf apabila pelayanan PMI Kota Salatiga belum maksimal dan tak lupa kami mohon bantuan kepada semua pihak untuk terus memberikan dukungan kepada PMI,” ujar Ketua PMI Kota Salatiga ini.

Dalam kesempatan tersebut Walikota memberikan penghargaan kepada 33 pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali. “Pemberian penghargaan ini merupakan apreasiasi kepada pendonor darah sukarela dan juga sebagai motivasi kepada masyarakat untuk melaksanakan donor darah secara teratur,” pungkas Wakil Ketua PMI Kota Salatiga Bidang Upaya Kesehatan Transfusi Darah, Suyanto.(sg)