SIDOMUKTI – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia,  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga menggelar Dunia Vektor dan Reservoir (Duver) Fair. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plh Walikota Salatiga, Muh Haris, SS, MSi di Gedung Duver, Sidomukti Salatiga, 23/08.

Gedung Duver sendiri merupakan museum penelitian vektor dan reservoir penyakit yang sangat cocok untuk edukasi tentang berbagai hal yang terkait dengan penyakit yang timbul karena binatang. Duver diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH., DR.PH., pada tanggal 15 September 2011 silam.

Dalam sambutannya Plh Walikota menyampaikan syukur atas keberadaan Duver dan B2P2VRP di Kota Salatiga. “Lembaga milik Kementerian Kesehatan RI ini tentu saja memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi warga Kota Salatiga, tapi juga bagi Indonesia. Di sini banyak peneliti yang diharapkan dapat menularkan iklim pendidikan yang baik bagi Kota Salatiga,” kata Muh Haris sebelum melepaskan balon sebagai tanda dibukanya Duver Fair.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala B2P2VRP Salatiga, Joko Waluyo, ST, MSc.PH. Ia mengatakan bahwa kegiatan Duver Fair bertujuan untuk mengajarkan kecintaan generasi muda terhadap dunia ilmiah dan penelitian serta lebih mengenalkan Duver bagi masyarakat Kota Salatiga.

“Kami sengaja mengundang adik-adik siswa SD dan SMP untuk meningkatkan pengetahuan para siswa terhadap binatang yang dapat menyebarkan penyakit. Di sini mereka bisa belajar banyak hal dengan lebih menyenangkan,” kata Joko Waluyo.

Dalam museum duver, para pelajar tersebut disuguhkan berbagai hal yang terkait dengan binatang penyebar penyakit, seperti koleksi specimen nyamuk, tikus dan kelelawar serta mamalia lainnya. Ada pula diorama dan koleksi alat penangkapan tikus, nyamuk dan kelelawar, produk biosektisida dan biolarvasida serta pemutaran film silkus hidup nyamuk.

Selain kunjungan gratis di museum duver, dalam Duver Fair dilaksanakan pula bazar oleh Dharma Wanita B2P2VRP dan juga aksi sosial donor darah. Duver Fair digelar selama 2 hari yaitu Kamis 23/08 dan Jumat 24/08 mulai jam 09.00 sampai dengan 15.00. (sg)