Lapangan Pancasila – Masyarakat dituntut berperan aktif dalam mengisi dan menyelesaikan permasalahan  bangsa. Karena dengan adanya dukungan dari berbagai pihak ini, kemerdekaan Indonesia bisa terus terjaga dengan baik.

Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia  dilaksanakan di lapangan Pancasila Kota Salatiga, Jumat (17/8). Peringatan ini  dihadiri oleh seluruh forkompinda yang ada di Kota Salatiga, DPRD, unsur Polri, TNI, Satpol dan pelajar.

“ Kita sebagai warga masyarakat harus ikut serta untuk merawat capaian dan kemajuan pembangunan yang ada dengan berbagai macam cara. Peran aktif ini sangat penting untuk  menyelesaikan masalah kebangsaan nantinya,” Ujar Plh Walikota Salatiga H. Muh Haris, SS., M.Si saat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurutnya peringatan ini bukan hanya untuk mengenang jasa para pahlawan saja, namun sekaligus untuk menggugah semangat kebangsaaan masyarakat untuk selalu mencintai dan membangun bangsa Indonesia dalam dimensi perbedaan. “ Peringatan 17 Agustus ini menunjukkan kepada kita, betapa bangga dan cintanya rakyat kepada bangsa ini. Perbedaan ini justru akan menambah khasanah tersendiri untuk mempererat  bangsa,” Bebernya.

Lanjutnya, dirinya menangkap kegembiraan dan kecintaan rakyat dalam berbagai lomba yang dihelat, even seni budaya yang digelar maupun kreasi lingkungan yang makin apik dan semarak. Seperti gotong royong untuk memperindah gapura, memasang lampu, umbul-umbul dan pengibaran bendera merah putih. “ Peringatan kemerdekaan bukan hanya sekedar acara resik-resik kampung, lomba balap karung aja, lebih dari itu hal tersebut menunjukkan kepada kita bahwa kecintaan kita terhadap ibu pertiwi,” Tambah Haris.

Haris juga mengajak untuk terus meneladani kegigihan dari para pejuang dalam kehidupan nyata dan selalu mempraktikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal ini demi kemajuan bangsa dan negara.